Header Ads

Inilah Pulau - Pulau Tropis di Dunia Paling Padat Dengan 40 Miliar Sampah Plastik

Pulau Tropis biasanya menjadi idaman untuk berlibur ditemani dengan pantai dan alam yang indah. Namun hal yang berbeda terjadi dengan salah satu pulau tropis ini, karena dipenuhi oleh 40 miliar sampah plastik yang memenuhinya. Seperti yang dirilis oleh odditycentral


Travellink Indonesia - Menurut laporan yang dikeluarkan dalam “Proceedings of the National Academy of Sciences”, Pulau Henderson menjadi pulau tropis paling padat di dunia. Pulau ini sendiri memiliki habitat 17 ton sampah plastik, dengan 13 ribu lainnya terdampar di pantai setiap harinya, tanpa ada satu manusia pun yang hidup di pulau ini.

Setiap sisi dari pulau ini telah dipenuhi oleh sampah dari berbagai penjuru dunia, oleh para peneliti yang telah berkunjung. Meski terletak di lautan pasifik bagian selatan, ternyata pulau ini diramaikan oleh berbagai jenis sampah seperti sikat gigi, mainan, bola basket, hingga baskom besar.

“Hal yang terjadi di Pulau Henderson merupakan bukti bahwa polusi plastik telah menyebar di berbagai sudut lautan di bumi,” ungkap Dr. Jenniver Lavers dari University of Tasmania.

Lavers juga menyatakan, untuk sebuah pulau tropis terpencil, pemandangan yang telah dilihat ini dapat disebut sebagai ‘keindahan yang mengerikan’. Tentunya kenyataan ini juga harus mendorong manusia mulai meninggalkan plastik dalam kesehariannya, agar mengurangi polusi yang terjadi dan mampu menjaga bumi dari kehancuran yang lebih besar.

Penulis: Akbar Muhibar
Diberdayakan oleh Blogger.