Header Ads

Inilah 14 Lokasi Objek Wisata di Kabupaten Aceh Utara & Kota Lhokseumawe Yang Paling Populer

Tempat Wisata di Aceh Utara - Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh yang keberadaan  memiliki potensi wisatanya sangat melimpah. Beberapa peninggalan sejarah yang menjadi bukti perjuangan pahlawan mada masa itu, deretan keindahan panorama Alam, serta aneka ragam jenis flora dan fauna menjadikan Aceh Utara kaya akan segalanya.

Wisata Populer - Kota yang sangat terkenal dan sekaligus menjadi pusat Kabupaten Aceh Utara yaitu Kota Lhoekseumawe. Kota ini berjarak 267 km dari Banda Aceh yang merupakan pusat pemerintahan provinsi Aceh.

Kali ini kami akan mengajak pembaca untuk lebih tahu berbagai tempat wisata yang tersembunyi yang dimili Kabupaten Aceh Utara. Selengkapannya 14 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menarik Untuk di Kunjungi apabila anda berkunjung ke Aceh sebagai berikut.


Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Utara yang memiliki pesona alam yang sangat menggoda. Berada di dalam rimbunnya pepohonan dan jauh dari riuhnya kehidupan perkotaan menjadikan keasrian Air Terjun Blang Kolam masih terjaga. Disini pengunjung bisa bermain air, berenang atau hanya bersantai-santai sembari menikmati panorama air terjun yang begitu menawan. Namun tentunya untuk menikmati semua ini anda harus bekerja keras untuk meraihnya. Setidaknya pada saat menuju ketempat ini dari gerbang anda harus menuruni sebanyak 660 anak tangga sebagai rute perjalanan menuju air terjun ini dan sebaliknya jika pulang anda juga harus menaiki dengan jumlah anak tangga yang sama. Namun anda tak perlu kuatir sebab sepanjang perjalan anda akan disuguhkan berbagai macam panorama alam yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Air Terjung Blang Kolam terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kota Makmur yang berjarak 21 Km dari kota Lhokseumawe. Untuk transportasi anda bisa menunggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 namun hanya sampai di depan gerbang air terjunnya. Untuk sampai ke lokasi air terjunnya anda harus berjalan kaki. Untuk biaya masuk anda hanya cukup banyar sebesar 2.500.


Pantai Ulee Rubek

Pantai Ulee Rubek merupakan destinasi tempat wisata yang dimiliki warga Aceh Utara. Pantai ini memiliki keindahan yang menawan. Perpaduan pasir putih nan halus, lingkungan pantai yang bersih . bahkan karna halusnya pasir ini sering dijadikan hiasan yang dimasukkank ke dalam botol. Setidaknya jika berkunjung kesini kamu bisa melakukan hal yang sama dan memunguti cangkang kerang yang menyelimuti pantai disana.

Pantai Ulee Rubek berlokasi di Kecamatan Seunuddin, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 49 Km dari Lhokseumawe. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan transportasi umum dan pribadi yang memakan waktu 1- 1 1/2 jam ditambah anda akan disuguhkan keindahan alam selama di perjalanan menuju Pantai ini.


Pemandian Krueng Suweng

Krueng Suweng merupakan tempat yang bagi masyarakat setempat disebut sebagai tempat pemandian. Krueng yang berarti sungai dari bahasa aceh kini keberadaannya menjadi tempat favorit tempat wisata bersama keluarga. Keindahan yang ditawarkan di tempat ini juga terasa nyaman. Sungai yang di dalamnya terdapat banyak bebatuan timbul dan beberapa sudut sungai airnya cukup dangkal. Wajar saja apabila berada di dalamnya kita akan merasakan kenyaman ditambah dengan jernihnya air dan dinginnya udara sekitar.

Oh ya.. Perlu kamu tahu daerah Krueng Suweng ini juga sangat terkenal dengan Duriannya yang menggoda. Durian disini sangat manis dan nikmat serta kamu bisa langsung memetik buahnya langsung dari kebunnya. Kruweng Suweng terletak di Desa Sawang, Lhokseumawe, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 49 km dari pusat kota. Untuk menuju kesana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.


Rumah Adat Cut Nyak Meutia

Cut Mutia adalah salah satu pahlawan wanita yang berasal dari Aceh Utara. Selama 20 tahun pada saat itu beliau merupakan pemimpin yang berjuang melawan penjajahan Belanda dari tahun 1890-1990 M. Dari rumah ini beliau aktif falam memimpin dan mengatur strategi peperangan. Dikarenakan jasanya begitu besar bagi bangsa maka dibuatlah rumah yang dulu ditempati Cut Meutia sebagai museum oleh pemerintah sebagai bentuk penghormatan terhadapnya. Rumah ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang bisa anda kunjungi sembari belajar tentang arti nilai sejarah yang telah berlalu.

Jika anda berencana berkunjung ke tempat ini maka bisa datang ke Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Untuk menuju ke lokasi rumah Cut Meutia kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Desa Matangkuli terletak kurang lebih sekitar 33 km dari kota Lhoksumawe.


Pantai Sawang

Salah satu hal yang menjadikan pantai ini indah yaitu bentuknya seperti mangkok dan memiliki garis pantai yang termasuk panjang untuk ukuran pantai biasanya. Pantai ini memang tak memiliki air yang begitu jernih ditambah lagi pasirnya yang berwarna kecoklatan. Namun hal ini tak mengurangi keindahan panorama Pantai Sawang bahkan pantai ini banyak menarik minat wisatawan baik nasional maupun internasional. Disini para pengunjung juga dapat melihat aktifitas masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Setiap harinya hasil tangkapan beragam jenis serta ukuran ikan dapat kita saksikan bahkan dapat kita beli untuk dibawah pulang kerumah.

Jika anda berencana berkunjung ke Pantai Sawang maka anda bisa pergi ke Desa Sawang, Kecamatan Samudra, Aceh Utara. jarak tempuh sekitar 29 km dari Kota Lhokseumawe. Untuk akses jalan anda bisa menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.


Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari ini merupakan salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang begitu indah. Terletak di pedalaman Hutan belantara menjadikan tempat ini masih terjaga keasriannya. Disebut 7 Bidadari dikarenakan keindahan air terjun ini terdapat di 7 tingkat yang sangat memesona setiap mata pengunjung. Jika anda para pecinta petualangan maka disarankan untuk mencoba perjalanan ke tempat ini. Sebab medan yang sulit menjadikan tantangan tersendiri untuk bisa menikmati air Terjun bidadari dari jarak dekat.

Pantai Krueng Geukuh

Salah satu tempat wisata yang paling mengesankan di Aceh Utara adalah berkunjung ke Pantai Geukuh. Hamparan pasir dan laut yang masih sangat bersih membuat mata akan segar dan terus melihatnya. Bisa dikakan Pantai Geukuh merupakan pantai yang paling besih dengan panorama alam yang indah. Disini kesadaran masyrakat setempat sangat tinggi, bahkan untuk melautpun para nelayan menggunakan perahu tradisonal dengan tujuan agar tak mencemari lingkungan pantai.Satu lagi hal yang menjadi tujuan apabila ke Pantai ini yaitu Mie Acehnya yang sangat nikmat.

Jika kamu berencana mengunjungi Pantai Geukuh maka bisa datang ke Kecamatan Dewantara, Lhokseumawe, Aceh Utara.


Pantai Meuraksa

Pantai Meuraksa terletak diujung Kecamatan Blang Mangat, Kota lhokseumawe. Sama halnya seperti Pantai Geukuh tempat ini juga dikatakan masih jarang terjamah oleh warga. Namun tak bisa disangkal keindahan pantai ini begitu terlihat dengan kebersiannya dan juga kerindangan berbagai jenis pohon yang tumbuh di sekitar pantai. Bibir pantai yang indah dipenuhi oleh pohon Waru, pasir putih bersih, dan dikelilingi batang ketapang yang melambaikan daunnya di kala hembusan angin menerpa. Sungguh indah!, disisi lain tampak hamparan pasir putih dengan gundukan-gundukan kceil yang tak terasa melahirkan keeksotisan dari pantai ini.

Pantai Lancok

Pantai Lancok merupakan pantai yang memiliki ciri khas banyaknya pondok-pondok yang berdiri secara tegap dan berjejer di sepanjang garis pantai. Bisa dikatakan bahwa Pantai Lancok merupakan salah satu pantai yang memiliki keeksotisan tersendri. Ketenangan lingkungan disandingkan dengan putihnya pasir pantai membuat para pengunjung betah berada disini. Bukan hanya itu Pantai Loncak ini ternyata juga terkenal dengan penghasil kerang darah. Bahkan para pemburu kerang darah tak segan untuk turun langsung dengan jarak 200-300 meter dari bibir pantai hanya untuk mencari buruan mereka. Satu hal lagi di Pantai ini sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Sehingga setiap pengunjung dapat memesan dan menikmatinya diatas pendopo yang langsung menghadap ke laut.

Jika anda berencana untuk berkunjung ke Pantai Loncak maka anda bisa datang ke Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.


Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di Aceh Utara. Waduk ini baru diresmikan tahun lalu sebagai objek wisata. Disini banyak terdapat spot-spot foto yang bagus. Sehingga pengunjung bisa mengabadikan moment dengan hasil yang baik. Selain mengitari keindahan waduk yang terbentuk secara alami ini pengunjung juga diizinkan untuk menyebarangi waduk dengan dipandu oleh seorang petugas setempat menggunakan perahu. Area ini juga menyediakan pondok-pondok yang siap menampung anda apabila anda sedang kelelahan.

Waduk jeulikat terletak di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh Utara. Lokasi Waduk hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Lhokseumawe.


Waduk Pusong

Waduk Pusong merupakan waduk terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat Lhokseumawe. Di awal tujuan pembangunan waduk ini berfungsi sebagai pengendali banjir. Namun seiring berkembangnya zaman waduk ini seketika dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi baik warga setempat maupun wisatawan. Waduk ini memilik luas 60 Hektar. Di salah satu sisi waduk menjorok ke lautan sehingga kita bisa melihat hamparan laut yang luas ditambah panorama yang indah. Dalam area waduk ditumbuhi pula pepohonan yang membentuk seperti pulau. Disarankan jika ingin melihat keindahannya dengan maksimal maka sebaiknya datang pada malam hari. Pancaran serta perpaduan warna lampu menambah keelokan yang sempurna setiap mata melihatnya.

Jika anda akan berkunjung ke Waduk ini maka bisa datang ke Jln. Reklamasi, Banda Sakti, Aceh Utara.


Buket Guha Jepang

Wisata Buket Guha Jepang merupakan sebuah situs peninggalan sejarah yang berada di atas bukit di daerah Balng Panyang. Gua ini dibuat pada masa penjajahan jepang dan dibuat dengan kekejaman kerja paksa. Jika anda pecinta sejarah maka tempat ini sangat tepat buat anda kunjungi. Sebuah situs sejarah yang akan meberikan imajinasi tersendri bagi kita untuk menerka serta merasakan kejadian apa saja yang telah terjadi pada masa itu.

Pantai Ujong Blang

Ujong Blang adalah pantai yang menjadi kebanggan masyarakat Lhokseumawe. Tempat wisata yang dimiliki Aceh Utara ini selalu mempesona para wisatawan untuk mampir ke tempat ini. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang yang berhadapan dengan hamparan lautan samudera Hindia. Bisa dibayang betapa indahnya pantai ini ditambah birunyanya air laut yang menyejukkan pikiran. Selain itu deburan ombak yang tenang serta pasir pantai yang lembut menajadikan tempat ini sering digunakan oleh pengunjung untuk bermain seperti mebenamkan badan atau membuat rumah-rumahan dari pasir.

Pulau Seumadu

Tempat wisata di Aceh Utara yang terakhir yaitu Pantai Seumedu. Dulunya pantai ini bernama Pantai Rencong, namun sering waktu berjalan pantai ini lebih terkenal dengan Pantai Seumedu. Bercerita tentang pantai ini maka hanya ada satu hal yaitu keindahan panoramanya. Selain indahnya pemandangan dan suasanya yang nyaman untuk mencapai lokasi ini juga sangat mudah. Sama seperti pantai lainnya disini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan riuhnya deburan ombak yang membuat tubuk lebih terelaksasi.

Jika anda berencana berkunjung ke tempat wisata ini maka anda bisa datang ke Pulau Seumadu yang terletak di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Tempatnya tak jauh dari komplek perumahan PT. Arun yang jaraknya 12 Km dari pusat kota Lhokseumawe.


Penulis: Amiira
Diberdayakan oleh Blogger.