Header Ads

Air Terjun Kemukus, Pesona Surga Wisata Alam Tersembunyi di Kabupaten Wonogiri

Keindahan Alam dan sekitarnya memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk mengaguminya.

Wisata Populer di Wonogiri - Alam yang masih terjaga dengan baik dan alami menjadi suatu hal yang dicari banyak orang, ditengah kehidupan kota yang semakin penuh dan sesak.

Berkunjung ke pelosok daerah pedesaan bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Salah satu daerah yang bisa anda kunjungi untuk menikmati keindahan serta keasrian alam yang masih terjaga ialah daerah Wonogiri.

Kawasan Air Terjun Kemukus Wonogiri
Di pelosok Wonogiri anda akan menjumpai ekosistem alam yang masih sangat terjaga dengan baik, udara alamnya masih bersih, dan belum banyak tercemar seperti kebanyakan kota besar.

Salah satu destinasi wisata yang mempunyai keindahan panorama alam dan suasana alam yang masih terjaga, yaitu Air terjun Kemukus.

Terletak di Dusun Ngijo, desa Purwoharjo, Karangtengah Wonogiri, Air terjun Kemukus ini masih sangat alami dan memiliki panorama alam nan indah. Ekosistem alam sekitar air terjun tersebut juga masih sangat terjaga.

Air Terjun Kemukus Wonogiri
Menurut Alex salah seorang penduduk sekitar, air terjun alami tersebut sudah terbentuk dan ada sejak masa penjajahan dulu.

"Dahulu di sekitar air terjun ini sering digunakan oleh warga sekitar untuk menggembala hewan ternak dan mencari rumput,sembari mereka beristirahat di dekat air terjun," ujar Alex.

Ia juga menuturkan mengapa air terjun ini bernama Kemukus.

"Sejarah Nama air terjun Kemukus, diambil karena saking derasnya air terjun tersebut, sehingga percikan air yang jatuh membentuk bulir-bulir air hingga menyerupai asap. kalau orang jawa menyebut asap itu kan kukus, oleh karena itulah masyarakat sekitar menamakannya air terjun Kemukus," ungkap Alex.

Pada sekitar tahun 2000 masyarakat sekitar mulai mengeksplorasi dan menyurvei lokasi air terjun tersebut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Baru pada tahun 2016 lalu, air terjun Kemukus ini mulai dikenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun Kemukus Wonogiri
Air terjun megah tersebut, membentuk tiga buah aliran yang bertingkat. Menurut Alex, Aliran air dari sungai Grindulu tersebut mengalir hingga ke daerah Pacitan.

Keindahan Panorama alam yang disuguhkan air terjun Kemukus tidak diragukan lagi, dan sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati panorama alam air terjun alami yang megah.

Nuansa alam yang masih sangat terjaga menjadikan lokasi sekitar air terjun Kemukus tersebut sejuk dan asri.

Berada di lereng perbukitan, jika di pagi hari, anda dapat merasakan dinginnya udara, serta pemandangan kabut-kabut tebal yang menyelimuti lokasi tersebut.

Ekosistem yang masih sangat terjaga di sekitar lokasi air terjun, membuat hewan-hewan habitat asli di tempat tersebut masih banyak bisa anda temui.

Burung-burung yang hinggap di pepohonan hutan, masih bisa anda temui dan beragam kicauannya yang indah masih bisa anda dengarkan. Ikan Sidat atau Pelus juga masih banyak di sekitar sungai dekat air terjun Kemukus tersebut.

Batuan-batuan besar di sekitar air terjun Kemukus tersebut, menjadi spot asik untuk berfoto dan bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar,serta kemegahan air terjun.
Batuan-batuan tempat dilewatinya air terjun yang ditumbuhi rerumputan hijau menjadi pemandangan yang nampak artistik. Warna kehijauannya menjadikan kontras alami yang menawan.

Air Terjun Kemukus Wonogiri
Letaknya yang berada di lereng bukit, membuat anda harus berjalan sejauh sekitar 750 meter dari pemukiman warga untuk bisa sampai di lokasi.

Setelah memarkir kendaraan di pemukiman warga dengan biaya seikhlasnya, perjalana anda menuju ke lokasi air terjun kemukus ini melewati medan jalan setapak berupa tanah dan bebatuan.

Walau begitu akses jalan yang sudah dibuat oleh warga ini menjadi lebih mudah.
Selama perjalanan, pemandangan hutan yang didominasdi pepohonan pinus di kanan dan kiri lereng bukit, dapat menghilangkan rasa lelah.

Suasana sejuk, juga udara yang masih segar dan bersih, akan mengurangi rasa lelah anda selama perjalanan.

Sesampainya di lokasi, sedikit rasa lelah selama perjalanan, akan terbayar lunas oleh panorama kemegahan Air terjun Kemukus. Suasana yang masih sunyi dengan suara alami gemuruh air terjun, membuat lokasi tersebut sangat nyaman dan tenang.

Berniat berwisata ke Air terjun Kemukus, berarti anda siap untuk berbasah-basahan dan tentu saja harus membawa baju ganti.

Karena dari jarak 3 hingga 5 meter saja, baju yang anda kenakan sudah akan basah karena bulir-bulir air terjun yang menerpa pakaian anda. Tetapi keseruan berwisata dan menikmati eksotisme alam yang masih tersembunyi di air terjun Kemukus ini, akan menjadi kisah menarik tersendiri bagi anda.

Untuk menuju ke lokasi air terjun Kemukus ini, dari kota Yogyakarta anda bisa melalui Jalan Jogja-Wonosari. Dari Wonosari ikuti jalan menuju arah Semanu ke Pracimantoro.

Dari situ akan sampai hingga ke dusun Giriwoyo, kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke dusun Baturerno.

Dari dusun Baturetno ambil arah ke timur hingga sampai kecamatan Karangtengah, dari kantor kecamatan Karangtengah lokasi menuju ke Air terjun Kemukus kurang lebih sekitar 5 Km, anda juga bisa bertanya warga sekitar agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Penulis: Gilang Satmaka
Diberdayakan oleh Blogger.