Header Ads

KLHK RI: Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Bakal Segera Pindah Ke Aceh

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia disebut-sebut merestui pemindahan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) ke Aceh. Selama ini markas TNGL itu berada di Medan, Sumatera Utara.

Wisata Penelitian - Kabar pemindahan markas TNGL ini diperoleh setelah Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh mengirim surat kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya. Menteri LHK diklaim menyambut positif rencana tersebut.

"Ibu Menteri pada prinsipnya sudah setuju kalau kantor BBTNGL dipindahkan ke Aceh," kata Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, Taqwaddin, Kamis (13/4) di Banda Aceh.

Ada beberapa pertimbangan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh mendesak kantor TNGL hijrah ke Aceh. Alasan kuatnya, 80 persen wilayah TNGL berada di Aceh. Hanya 20 persen berada di Medan, Sumatera Utara.

Keberadaan kantor di Aceh diyakini bakal semakin mempermudah, mempersingkat, dan mempercepat akses pelayanan administrasi bagi masyarakat Aceh. Baik untuk keperluan penelitian, koordinasi, maupun kebutuhan administrasi lainnya.

"Mengingat wilayah administrasi sebagian besar wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) berada di Aceh dan beberapa hal yang lainnya, sehingga seharusnya kantor BBTNGL berada di Aceh," ucap Taqwaddin.

Tak hanya itu pertimbangan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh. Dengan adanya kantor di Aceh semakin mempermudah pihak Polda Aceh menindaklanjuti kasus-kasus pidana yang merambah hutan di TNGL.

"Jadi menurut kami, tidak ada alasan untuk tidak dipenuhi pemindahan tersebut," pungkasnya.

Untuk diketahui, kantor TNGL sudah berpuluh tahun berada di Medan. Permintaan pemindahan kantor sudah disuarakan sejak 2015. Bahkan pada pertemuan multi stakeholder dihadiri oleh pihak eksekutif, legislatif, Polda Aceh, LSM, dan perwakilan masyarakat yang membahas masalah petani di kaki Gunung Leuser di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada tanggal 4 Mei 2015. Salah satu poin yang disepakati adalah pemindahan kantor TNGL dari Medan ke Aceh.

Penulis: AFIF
Diberdayakan oleh Blogger.