Header Ads

TPU Jeruk Purut Menjadi Wisata Mistis Paling Mengerikan di Jakarta

Bicara wisata mistis di Jakarta, TPU Jeruk Purut adalah tempat yang paling mengerikan.

Wisata Mistis - Bayangkan saja, banyak cerita petualang yang uji nyali melihat aneka penampakan. Belum lagi, banyak benda-benda yang dianggap keramat.

"Wisata mistis di Jakarta yang paling ngeri? Tentu di sini, di Jeruk Purut," ujar Babe O'ok.

Dengan rokok di tangan dan tongkat kecil, Babe O'ok menjelaskan alasan TPU Jeruk Purut disebut sebagai tempat wisata mistis paling mengerikan di Jakarta. Dia berujar, ada banyak penampakan yang bisa dilihat di pemakaman ini.

"Ada genderuwo yang hitam besar dan matanya menyala. Ada kuntilanak merah yang paling bahaya, Babe juga harus mati-matian ngeluarin dia kalau sudah masuk ke badan orang. Di pohon beringin yang di dekat jalan, itu ada iblis yang Babe tidak pernah dan tidak bakal suruh orang ke situ," paparnya.

Saat bersamaan, ada dua lelaki ABG yang sedang menguji nyali di sana. Salah satunya yang disapa Awi mengaku, sering melihat penampakan sosok kuntilanak yang berambut panjang di dekat pohon kembar.

"Ada bang di pohon kembar. Kadang duduk, kadang ngintip, kadang kayak lagi nyisir gitu sambil ngeliatin kita," ucap Awi.

Asal tahu saja, menurut Babe terdapat empat titik yang sering dijadikan lokasi wisata mistis di TPU Jeruk Purut. Keempat titik itu adalah pohon kembar dan sumur di sebelah kiri dari jalan yang membelah komplek TPU Jeruk Purut. Lalu, pohon benda serta makam keramat di sebelah kanannya.

"Paling gampang itu di pohon kembar, cuma kuntilanak doang dan Babe selalu ajak ke situ bagi yang pertama kali uji nyali ke sini. Kalau kuat, habis itu baru ke sumur tempatnya genderuwo. Yang paling berat, itu di pohon benda sama makam keramat," ujarnya sambil menyeruput kopi.

Manurut Babe O'ok, pohon benda merupakan 'markas' dari para hantu di TPU Jeruk Purut. Usut punya usut, ada satu mahluk gaib yang menurut penuturan Babe O'ok di sana adalah mahluk sejenis tuyul, yang suka iseng terhadap manusia.

"Dia bukan tuyul tapi sejenis tuyul, kecil begitu seperti liliput tapi kupingnya lancip dan giginya mirip gergaji. Dia itu suka nyentil, nyolek atau nepok-nepok kita. Kalau ada yang mau ke sana, Babe saranin ngerokok karena dia suka sama asap rokok. Kalau nggak, ya bakalan digangguin deh," katanya dengan logat Betawi kental.

Sedangkan di makam keramat, wisatawan yang beruji nyali di sana diharuskan untuk bertingkah sopan. Babe O'ok pun tak sembarangan menaruh peserta uji nyali di sana, demi alasan keselamatan.

Wisata mistis di TPU Jeruk Purut biasanya berlangsung dari pukul 23.00 WIB sampai 03.30 WIB. Soal penampakan hantu, terlihat dari pukul 00.00-02.00 WIB. Menurut Babe O'ok, itulah saatnya hantu-hantu gentayangan.

"Paling parah itu kalau sudah kesurupan, Babe yang turun tangan dan Babe yang harus ngurusin. Babe juga selalu 'ngecek' orang-orang yang habis uji nyali di sini sebelum pulang, biar selamat dan nggak ada yang ikutin," tukas Babe.

Ada beberapa hal yang harus diingat petualang uji nyali di TPU Jeruk Purut, sesuai dengan perkataan Babe O'ok. Peserta dilarang menantang hantu-hantu atau sok berani, berperilaku sopan minimal mengucap salam atau permisi, berpakaian sopan, jangan bengong, dan tidak menginjak-injak kuburan. Bagi ibu hamil, wanita yang sedang datang bulan atau peserta yang sedang sakit dilarang keras ikutan.

"Biasanya orang yang sok-sok berani datang ke sini langsung minta diantar ke tempat yang paling seram. Tak sampai semenit udah keluar lari-larian manggil babe. Wisata mistis di sini bisa dibilang sebagai ajang mental dan mengenal dunia gaib. Tiap hari selalu ada yang datang untuk uji nyali, biasanya satu grup 5 orang atau lebih dan itu dari berbagai wilayah di Jakarta baik anak sekolah atau kuliah," paparnya.

Soal bayaran, Anda yang mau menguji nyali cukup membayar ongkos parkir dan memberikan biaya seikhlasnya untuk Babe Oo'k. Babe Oo'k sendiri tidak menetapkan berapa biaya untuk uji nyali di sana.

"Kalau datang ke sini kuncennya harus Babe! Bukan apa-apa, karena Babe yang bertanggung jawab di sini dan semua orang sini juga kenal dengan Babe. Pasti ada aja, Babe lagi tiduran di rumah, tau-tau dipanggil orang ada yang kesurupan. Ternyata itu orang tidak bilang sama Babe dan main nyelonong aja. Babe ya mau nggak mau harus bantuin," kata Babe Oo'k yang rumahnya di dekat musala di belakang komplek TPU Jeruk Purut.

Berapa lama biasanya peserta uji nyali bertahan di TPU Jeruk Purut? Menurut Babe Oo'k, peserta uji nyali paling kuat bertahan 10 menit di lokasi empat titik uji nyali. Bahkan, ada yang baru ditinggal Babe Oo'k langsung lari keluar ketakutan dengan wajah pucat.

Satu lagi yang jadi alasan TPU Jeruk Purut menjadi lokasi wisata mistis yang paling mengerikan karena banyaknya benda mustika. Benda mustika yang dimaksud Babe Oo'k merupakan benda-benda yang diyakini punya kekuatan gaib, seperti batu, cincin atau keris.

Sekitar pukul 00.30 WIB, saya harus bergegas pulang. Saya sendiri sempat melihat dan merasakan beberapa hal-hal gaib di TPU Jeruk Purut, seperti cahaya putih berkelap-kelip di samping suatu batu nisan yang menurut Babe Oo'k adalah benda mustika. Lalu yang bikin bulu kuduk merinding, bau melati yang tiba-tiba tercium semerbak dan hilang seketika, seolah hanya lewat begitu saja.

"Bau melati? Tadi si kunti (kuntilanak-red) lewat di belakang elo mau balik ke pohonnya. Persis di belakang badan elo jalannya. Cuma lewat saja, tidak apa-apa," ujar Babe Oo'k yang menunjuk ke salah satu pohon.

Penulis: Afif Farhan
Diberdayakan oleh Blogger.