Header Ads

Pagoda Tertinggi Di Indonesia Terdapat di Taman Alam Lumbini Brastagi

Taman Alam Lumbini Berastagi kini menjadi destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Alasan utamanya adalah keberadaan sebuah pagoda emas yang berdiri megah di sana. Keberadaan tempat ini pun menambah daya tarik wisata di Tanah Karo yang sudah dari dulu terkenal karena keindahan alamnya.

Wisata Religi - Taman Alam Lumbini Berastagi ini merupakan sebuah kuil umat Budha yang berlokasi di Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bangunan kuil ini merupakan sebuah bangunan yang baru diresmikan pada tahun 2010 lalu. Jadi tempat ini masih merupakan sebuah lokasi wisata baru. Acara peresmian kuil ini pun dilakukan secara besar-besaran, dan dikunjungi lebih dari 1300 biksu dan 200 orang lainnya dari penjuru dunia.

Kemegahan pagoda emas di Taman Alam Lumbini Berastagi
Kuil Taman Alam Lumbini Berastagi ini merupakan bangunan replika dari Pagoda Shwedagon di Myanmar. Dan sejak keberadaannya di tahun 2010, pagoda emas yang ada di Taman Alam Lumbini ini pun menjadi pagoda termegah sekaligus pagoda terbesar di seantero tanah air. Gelar sebagai pagoda tertinggi di Indonesia itupun sudah mendapatkan pengakuan dari MURI.

Tak hanya itu, bangunan pagoda emas Taman Alam Lumbini Berastagi ini juga menyajikan kemewahan tersendiri. Terlebih lagi sebagian besar bangunan ini dilapisi dengan cat emas yang membuatnya kian wah. Desain arsitekturnya pun cukup menarik, karena mempunyai kemiripan dengan pagoda-pagoda yang ada di negara tetangga Thailand. Berfoto dengan latar belakang pagoda emas ini pun bakal berasa seperti berada di Thailand.

Pagoda emas yang menjadi daya tarik utama Taman Alam Lumbini Berastagi
Kuil Taman Alam Lumbini Berastagi pun layak untuk dijadikan sebagai salah satu bangunan kebanggaan Indonesia. Setelah Masjid Istiqlal yang dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, maka Taman Alam Lumbini ini merupakan replika Pagoda Shwedagon tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah di Myanmar.

Momen terbaik
Bagi yang ingin datang ke tempat ini, ada waktu terbaik yang bisa dipilih. Utamanya bagi yang hobi fotografi, alangkah baiknya datang ke tempat ini pada pagi hari, sekitar pukul 7 WIB. Pada momen tersebut, para traveler pun akan bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat bagus. Di mana pancaran matahari pagi yang bersinggungan dengan warna emas bangunan.

Berkunjung ke tempat ini, para traveler pun akan disuguhkan tidak hanya dengan pemandangan cantik di Taman Alam Lumbini Berastagi. Selama perjalanan, traveler pun akan bisa menyaksikan keindahan alam Tanah Karo. Di sepanjang perjalanan, para traveler pun akan bisa menyaksikan hijaunya perkebunan stroberi yang ada di sepanjang kanan kiri jalan.

Akses ke Taman Alam Lumbini Berastagi
Bagi para traveler yang ingin berkunjung dan melihat kemegahan pagoda emas di Taman Alam Lumbini Berastagi, bisa memulai perjalanannya dari kota Medan di Sumatera Utara. Jarak antara kota Medan dengan Berastagi tidak terlalu jauh. Jarak antara kedua kota ini pun bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, waktu tempuh antara Medan menuju Berastagi berkisar antara dua hingga tiga jam perjalanan. Sementara itu untuk traveler yang lebih memilih menggunakan kendaraan umum, tarif angkutan umum dari kota Medan.

Penulis: Sartika Dewi
Diberdayakan oleh Blogger.