Header Ads

Inilah Objek - Objek Wisata Alam di Kabupaten Aceh Timur

Kabupaten Aceh Timur terletak bagian timur Provinsi Aceh berdekatan langsung dengan Sumatera Utara dan merupakan pintu gerbang Provinsi Aceh dengan Luas Wilayah 6.040,60 Km2.


Wisata Alam - Kawasan Aceh Timur berada pada garis khatulistiwa yang dipengaruhi oleh iklim tropis, oleh karena itu terdapat berbagai flora dan fauna yang umumnya hidup di daerah tropis. Berbagai jenis flora mulai dari jenis tumbuhan rawa sampai dengan tumbuhan dataran tinggi.


Penduduk Aceh Timur tahun 2004 berjumlah 316.535 jiwa yang terdiri dari perkauman besar yaitu Perkauman Aceh, Melayu dan Gayo maka tidak mengherankan kalau Aceh Timur mempunyai kebudayaan yang lain dan mempunyai ciri khas tersendiri, karena masing-masing perkauman mempunyai spesifik dalam menampilkan kebudayan dan adat istiadat seperti Adat Perkawinan, Tarian, Ragam hias arsitektur dan Upacara Adat lainnya.

Disamping memiliki seni budaya yang beraneka ragam, juga mempunyai berbagai objek wisata yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan keberadaannya. Secara garis besar objek wisata yang ada terdiri dari objek wisata budaya dan sejarah, objek wisata alam dan objek wisata pantai.

Air Terjun Terujak
Objek Wisata Air Terjun Terujak merupakan tempat wisata yang berudara sejuk, serta mempunyai pemandangan hutan alam yang indah. Air Terjun Terujak berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, untuk menuju lokasi bisa Menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor, dilokasi wisata ini selain air terjun yg indah, terdapat juga tempat pemandian air panas yang bersumber dari belerang dilereng gunung, dan juga terdapat tempat pemandian air dingin.

Pantai Kuala Parek
Treletak di Kecamatan Rantau Selamat terdapat sebuah objek wisata pantai yang mempesona yaitu pantai Kuala Parek. Pantai ini terletak + sekitar 12 Km dari Ibukota Kecamatan atau lebih kurang 27 Km dari Kota Langsa, untuk menuju ke lokasi wisata  ini dapat ditempuh dengan mempergunakan mobil dan dilanjutkan dengan menggunakan boat. Pantai ini merupakan wisata bahari yang memiliki pasir putih yang indah dan menawan.

Pantai Kuala Beukah
Pantai Kuala Beukah terletak 10 Km dari Peureulak atau 59 Km dari Kota Langsa dan dapat dicapai dengan menggunakan minibus atau mobil pribadi. Pantai ini cukup panjang dan luas dengan air yang bersih. Pada hari-hari libur pantai ini sering dikunjungi oleh masyarakat Aceh Timur untuk piknik. Para pengunjung  dapat berenang, memancing dan berbagai kegiatan pantai lainnya. Angin yang menghembus pelan dengan ombak Selat Malaka yang beralun lembut membuat pantai ini begitu mempesona.

Air Terjun Paya Bili
Terletak di Kecamatan Birem Bayeun sekitar 12 Km dari ibu kota kecamatan terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 15 meter dan memilik waduk alam seluas 20 x 50 m Sarana alam yang dapat dilalui kenderaan belum mencapai lokasi, maka pengunjung harus menyusuri jalan setapak sekitar 3 Km lagi untuk menuju lokasi objek wisata ini. Alam sekitarnya masih asli dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati yang merupakan wisata alam.

Kerajaan Islam Peureulak
Kerajaan Islam Peureulak merupakan kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara. Kerajaan ini didirikan pada tahun 840 M dengan raja pertama Sultan Alaidin Sayed Maulana Abdul Aziz Syah (840-864 M) sisa-sisa peninggalannya yang masih dapat ditemukan sekarang adalah Makam Sultan Sayed Maulana Abdul Aziz Syah dan Istrinya serta makam Said Machdum Alaidin Malek Abdullah. Bekas kerajaan Islam Peureulak ini terletak 6 Km dari Kota Peureulak dan dapat dicapai dengan minibus, mobil dsb.

Pantai Pusong Kuala Idi
Objek wisata ini juga terletak di Kecamatan Idi Rayeuk dengan jarak sekitar 63 Km dari ibukota Langsa dan 1 Km dari ibukota Kecamatan. Untuk menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda empat.

Pantai Keutapang Mameh
Merupakan objek wisata bahari yang terletak di Kecamatan Idi Rayeuk, sekitar 63 Km dari ibukota Langsa dan 1 Km dari ibukota Kecamatan. Untuk menuju kelokasi wisata tersebut dapat digunakan dengan kenderaan roda empat dan roda dua.

Pantai Matang Ulim Idi Cut
Pantai Matang Ulim Idi Cut terletak 2,5 Km dari ibukota Kecamatan Idi Rayeuk atau 75 Km dari Kota Langsa dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kenderaan, pantai ini panjangnya 1,5 Km dengan lebar pantai yang cukup luas. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara laut yang rindang dan memberikan kenyamanan jika panas siang hari. Angin laut yang berhembus sepoi-sepoi disela-sela pepohonan dan riak gelombang Selat Malaka yang tiada hentinya menghempas pantai membuat pantai ini begitu mempesona terutama bila hari panas. Pengunjung biasanya betah berada dipantai ini sampai sore hari.

Pantai Wisata Kuala Peudawa
Pantai Kuala Peudawa merupakan wisata pantai terletak di Kecamatan Peudawa, jaraknya sekitar 58 Km dari Ibukota Langsa, dan 6 Km dari Kecamatan Idi Rayeuk dan 1,5 Km dari Kecamatan Peudawa. Sepanjang pantai ditumbuhi dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, untuk mencapai objek wisata dapat ditempuh dengan kenderaan roda empat.

Pantai Wisata Matang Rayeuk Seuneubok Meuku
Merupakan wisata pantai yang terletak di Kecamatan Idi Rayeuk. berjarak 59  Km dari ibikota Kecamatan. Untuk mencapai objek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat.

Pantai Alur Dua Muka
Objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Idi Rayeuk, berjarak sekitar 65 Km dari kota Langsa dan 2 Km dari Kecamatan. Objek wisata ini cukup indah dan memiliki suasana alam yang alami. Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan mempergunakan kenderaan roda empat.

Pantai Kuala Geulumpang
Merupakan objek wisata Bahari dengan panorama pantai yang indah menawan dengan pasir putih bersih yang membentang sepanjang pantai. Objek wista ini terletak di Kecamatan Julok yang berjarak 5 Km dari ibukota Kecamatan dari kota Langsa berjarak 80 Km. Untuk menuju ke lokasi wisata dapat dilalui kenderaan roda empat.

Pantai Kuala Simpang Ulim
Kecamatan Simpang Ulim terdapat objek wisata Kuala Simpang Ulim sekitar 100 Km dari kota Langsa dan jarak 8 Km dari ibukota kecamatan. Objek wisata  ini sangat menarik untuk dinikmati pulau kecil yang terletak ditengah-tengah Kuala merupakan wisata bahari.

Penulis: Tanoh Aceh
Diberdayakan oleh Blogger.