Header Ads

Surga Tersembunyi di Tanah Sumedang Bernama Situ Biru Cilembang

Salah satu tempat yang saat ini mulai populer berkat media sosial instagam tersebut adalah Situ Biru Cilembang di Sumedang.

Wisata Alam - Situ Biru Cilembang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Tanah Pasundan. Pasalnya, tempat ini memang masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Situ Biru Cilembang punya pemandangan alam yang eksotis. Di tengah pohon-pohon yang rimbun serta bebatuan besar, kamu akan temukan danau bening berwarna biru.

Saking beningnya, Anda bisa melihat kumpulan ikan-ikan yang hidup di danau tersebut dengan mata telanjang, lho. Jika beruntung, Anda pun bisa menjumpai kura-kura air tawar di sana. 

Sayangnya, Anda tak bisa bebas berenang atau bahkan mencelupkan kaki di Situ Biru Cilembang. Jika ingin merasakan kesegaran air di sana, Anda hanya diizinkan untuk sekadar mencuci muka.

Sebab, danau tersebut dijadikan sebagai sumber kebutuhan air oleh warga sekitar. Jika banyak pengunjung yang berenang di sana, dikhawatirkan kualitas air dan keasrian lingkungan akan rusak. Selain itu, tempat ini pun masih dikeramatkan oleh warga sekitar.

Karena masih dikeramatkan, ada hari-hari tertentu yang membuat Anda tak bisa masuk ke area tersebut. Hari Selasa dan Jumat jadi hari terlarang bagi wisatawan untuk berkunjung. Belum ada alasan jelas mengapa waktu tersebut jadi pantangan untuk pengunjung datang.

Walaupun terhitung masih baru, sudah tersedia beberapa sarana sederhana di tempat ini kok. Mulai dari toilet umum, pedagang yang menjual oleh-oleh khas Sumedang, dan tempat parkir.

Anda yang berminat untuk datang ke sana, bisa langsung datangi Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Sebagai traveler bijak, jangang lupa untuk tetap menjaga keaslian lingkungan Situ Biru Cilembang dengan tidak membuang sampah sembarangan atau aksi vandalisme lainnya, ya.


Penulis: Firstrianisa Gustiawati
Diberdayakan oleh Blogger.