Header Ads

Pesona Wisata Sumatera, Wisata Alam Bukit Lawang di Sumatera Utara

Obyek wisata Bukit Lawang terletak sekitar 96 Km dari Medan. Kawasan wisata yang berada di ujung timur Taman Nasional Gunung Leuser ini memiliki hutan lebat, sungai dengan arusnya yang deras dan kehidupan alam liar yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Alam - Kawasan ini juga memiliki Pusat Rehabilitasi Orang Utan Bohorok yang populer di kalangan wisatawan di Sumatera Utara. Pada tanggal 2 November 2003 bencana alam banjir bandang sempat menghancurkan sebagian lokasi wisata Bukit Lawang. Pemerintah daerah menutup sementara lokasi wisata ini untuk perbaikan namun saat ini Bukit Lawang sudah dibuka kembali untuk umum.

Tempat ini awalnya merupakan kawasan terpencil dan sebelum bencana banjir banyak dikunjungi orang untuk berlibur khususnya pada akhir pekan. Pengunjung yang datang ke tempat ini terkadang menginap selama empat atau lima hari. Pada hari Sabtu dan Minggu sulit mencari penginapan yang kosong di Bukit Lawang.

Bukit Lawang Visitors Centre dibangun oleh lembaga lingkungan hidup internasional, World Wild Fund (WWF) dan tempat ini menyajikan berbagai contoh flora dan fauna yang terdapat di Taman Nasional Gunung Leuser serta penjelasan mengenai program rehabilitasi orangutan.


Disini juga dipamerkan berbagai foto yang menarik mengenai taman nasional. Pengunjung dapat membeli sebuah buku petunjuk (booklet) yang memberikan informasi lengkap mengenai taman nasional yang ditulis oleh penulis dan fotografer asal Selandia Baru Mike Griffiths. Buku ini akan sangat bermanfaat jika wisatawan merencanakan untuk tinggal beberapa hari di kawasan itu.

Penulis: Pesona Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.