Header Ads

Pesona Keindahan Alam Pucok Krueng Raba di Kabupaten Aceh Besar

Lhoknga, sebuah desa wisata yang kini perlahan mulai berbenah. Tidak ada lagi hukuman jalan jongkok bila ketahuan berhubungan dengan GAM, tidak ada lagi tangisan bayi karena ayahnya hilang tak berjejak.

Wisata Alam - Lhoknga hari ini, menjadi sebuah daerah wisata yang menawarkan begitu banyak aspek. Mulai dari wisata laut, sampai wisata gunung. Mulai dari wisata budaya, sampai wisata gerilya. Ya, pedalaman hutan lhoknga pernah menjadi basis persembunyian Gerakan Aceh Merdeka rating Aceh Besar.

Salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di kecamatan Lhoknga Aceh besar ini adalah wisata ke Pucoek Krueng Raba (pucuk sungai raba, ujung sungai raba). Letaknya tak jauh dari Banda Aceh. Akan tetapi, anda jangan berharap akan menemukan jalanan beraspal dan penuh dengan rambu-rambu jalan. Buang jauh-jauh kalau anda akan berpikir perjalanan ke ujung sungai ini akan menjadi mudah.

Lokasi Wisata Lhoknga
Dari Banda Aceh, melajulah ke arah Meulaboh sampai ketemu pabrik semen. Dari samping pabrik semen tersebut silahkan anda telusuri jalanan yang berbatu. Sedikit susah memang mencari lorong kecil tersebut. Mengingat beberapa semak belukar mulai menutupi jalan. Belum lagi jalan yang merupakan area tambang ini sedikit sulit di lewati karena rusak parah. Bila bingung, Tanya saja kepada masyarakat sekitar. Bilang, kalau anda hendak ke Pucok Krueng. Mereka akan menunjukkan jalan masuknya. Atau bila anda memiliki budget lebih, silahkan sewa boat nelayan setempat untuk menyusuri Sungai raba ini dari hilir ke hulu.

Jalan Masuk Ke Pucok Krueng
Berbatu, dan sesekali berlumpur, begitulah medan jalan menuju kesana. Dulunya, jalan menuju pucok krueng ini harus melewati kebun dan sawah penduduk. Paculah kenderaan anda sepelan mungkin. Tidak mungkin terburu-buru, mengingat beberapa batuan yang cukup besar berserakan di jalan menuju ke pucok krueng. Satu persatu, kebun warga akan anda lewati hingga akhirnya sebuah gunung besar tersaji di depan mata.

Beberapa menit kemudian, anda sudah berada pada sebuah kawasan yang sangat asri. Pepohonan hijau dan rindang. Seperti sebuah taman yang tersusun rapi. Inilah yang di sebut pucok Krueng.  Seperti tak pernah ada yang menyangka, kalau ternyata di pedalaman kecamatan lhoknga ini, ada sebuah tempat wisata yang semenarik ini. Tempatnya masih terbilang bersih.

Keindahan Wisata Pucok Krueng
Gunung-gunung kapur yang menjadi latar belakang sebuah lukisan alam ini menjadi sebuah perpaduan sempurna. Putih ke abu-abuan, berpadu dengan hijaunya air sungai, dihiasi dengan beberapa ikan yang berkecipuk diatas air. Lalu diselingi dengan birunya langit. Sekali lagi, ini Keren!

Suasana Nyaman di Pucok Krueng
Saya yakin, bukan hanya saya yang akan betah duduk berlama-lama disini. Melainkan anda pun tak akan mudah untuk mengangkat kaki dan pergi menjauh. Tak perlu mandi disungainya bila anda ragu. Cukup duduk di tempat yang telah disediakan, buka bekal makan siang anda, lalu nikmatilah bersama sebuah karya besar lainnya dari Tuhan di tanah Aceh.

Lelah dan penat yang anda rasakan, akan hilang ketika akhirnya anda bisa berdiri di tengah bendungan mini yang terletak melintang di atas sungai yang hijau asri ini. Jadi, tunggu apalagi? Mumpung tempatnya belum terlalu ramai yang berkunjung loh!

Penulis: Yudi Randa
Diberdayakan oleh Blogger.