Header Ads

Menikmati Pesona Alam di Pulau Terluar di Kabupaten Deli Serdang

Pulau Berhala Sumatera Utara

Ada Tempat Penyu Bertelur di Pulau Ini
Ingin merasakan wisata di pulau terluar indonesia?, cobalah datang ke Pulau Berhala, pulau kecil terluar nan indah dengan pesona pesisir tropis yang menawarkan keindahan pantai dan keberagaman jenis ikan serta trumbukarang bawah lautnya, terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pulau ini berada di selat malaka perbatasan utara Indonesia atau selatan Malaysia, jika anda datang ke Pulau Berhala anda mungkin diwajibkan melapor kepada petugas tentara nasional indonesia (tni) yang berjaga untuk berkunjung berwisata ke pulau ini.

Wisata Alam - Karena tak terlalu jauh dari kawasan ibukota medan Provinsi Sumatera Utara, terdapat beberapa tujuan pelayaran yang menyambangi khusus untuk parawisatan ke pulau ini, Anda dapat pergi ke pelabuhan terdekat seperti pelabuhan kuala tanjung yang terdapat di limapuluh, batu bara, tak jauh dari kota tebing tinggi, serdang bedagai, perjalanan akan mengunakan perahu cepat dari dan menuju pulau berhala, dari tebing tinggi ke ke kuala tanjung membutuhkan waktu hingga 1 jam perjalanan, sedangkan dari pelabuhan kuala tanjung menuju pulau berhala dapat ditempuh hingga 1,5 jam perjalanan.

Pulau ini tak lebih hanya 0.025 Km2 atau sekitar 2.5 hektar saja, tak ada penduduk yang menetap dipulau ini hanya para prajurit TNI saja yang bertugas, walau letaknya terluar, pulau ini menyimpan beragam potensi wisata dengan keindahan pulau pesisir tropis yang sangat indah. Hijau lebat pohon tumbuh serta di tepian membentang pantai berpasir putih di beberapa sisi dihiasi bukit karang kokoh, jernihnya air hingga terlihat ke dasar dengan warna air biru turquoise, sungguh mempesona ketika anda ingin mengabadikan fajar dan senja secara berdampingan di tempat yang sama.

Keindahan tak sampai disitu saja, selain Anda menikmati pantainya yang bersih dan alami, pantai ini menyimpan keberagaman trumbukarang dan biota laut, jika anda ingin bersnorkeling ataupun diving tempat terbaik dapat anda temukan di pulau berhala itu sendiri atau pulau yang mengapit pulau berhala seperti pulau sokong siembang dan pulau sokong nenek yang luasnya hanya tak lebih dari 0.5 hektar, bermacam jenis baik karang keras atau karang lunak dan warna warni ikan penghuni karang dapat anda lihat, kedalaman menyelam terbaik 4 hingga 25 meter.

Dipulai ini juga terdapat penangkaran dan budi daya penyu yang dikelola oleh dinas kelautan dan prikanan serdang bedagai, umumnya di Pulau Berhala tempat para penyu bertelur, jika anda ingin mengabadikan ketika penyu menggali sarang dan bertelur, mungkin anda dapat datang pada malam hari ketika penyu penyu tersebut mulai datang. Bagi anda yang ingin melihat penyu menepi dan bertelur di sekitar pantai bisa mengunjungi pulau ini pada saat akhir tahun hingga awal tahun.

Memancing merupakan kegiatan populer, sebuah pengelola wisata setempat telah menawarkan kegiatan memancing di sekitar pulau ini, Pulau Berhala akan menjadi basecamp anda, selanjutnya anda akan memancing tak jauh dari pulau ini menuju spot tertentu menggunakan perahu cepat, variasi ikan dapat anda temui seperti ikan cakalang, kakap dan kerapu dan sensai tarikan ikan merupakan sebuah keasikan tersendiri untuk anda taklukan, jika kegiatan memancing merupakan hobi anda tentunya ganasnya tarikan penghuni laut di sekitar Pulau Berhala merupakan tantangan yang akan anda taklukan selanjutnya.

Banyak sekali hal yang bisa kamu dapatkan ketika berwisata di pulau ini, dari mulai pemandangan khas pantai-pantai di sekitar Riau yang berbatu besar serta berpantai bersih, pulau ini juga memiliki nilai historis dari beberapa tempat dan benda peninggalan masa lalu, dari mulai meriam, hingga mercusuar. Pemandangan sunset dan kawasan hutan yang masih asri juga menjadi sajian yang nyata bisa anda dapatkan di sana. Untuk pulau kecil yang jarang penghuni, Pulau Berhala sudah cukup memiliki akses penginapan dengan fasilitas yang biasa, namun bagi anda yang ingin merasakan petualangan bisa mendirikan tenda di beberapa bagian pulau yang memiliki ketinggian cukup, sebab jika terlalu rendah khawatir akan terendam jika air laut pasang. Ada juga beberapa pendopo dan bangunan yang bisa anda pakai untuk tidur.

Penulis: KSM Tour
Diberdayakan oleh Blogger.