Header Ads

Inilah Lokasi - Lokasi Destinasi Wisata di Kabupaten Aceh Tengah

Jika anda sedang merencakan liburan maka tak ada salahnya mengunjungi salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yaitu Aceh Tengah. Memiliki ibukota Takengon menjadikan Aceh Tengah memiliki potensi pariwisata yang sangat potensial.

Wisata di Takengon - Kita ketahui bersama aceh memiliki sejuta keindahan panorma alam yang salah satunya terdapat di Aceh Tengah. Disini ada banyak sekali tempat wisata yang menyajikan panorama keindahan alam. Kali ini kami akan mengajak anda untuk berkeliling aceh tengah dan menunjukkan tempat - tempat wisata yang sangat mempesona dan wajib anda kunjungi.

Selengkapnya berikut ini:

Danau Laut Tawar
Danau Laut Air Tawar merupakan sebuah danau yang menjadi kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 Ha dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km. Danau Laut Air Tawar ini begitu luas sehingga keberadaanya sangat bermanfaat bagi suku Gayo (masyarakat setempat) yang menjadikannya sebagai sumber penghidupan. Selain itu Danau Laut Air Tawar kerap dijadikan sebagai tempat wisata oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Panorama alam yang tersajikan di Danau ini begitu indah. Pemandangan di sekitar Danau laut Tawar diapit oleh 2 buah bukit yang menyajikan keindahan panorma tersendiri. Sedangkan di dalam danau  menyimpan kekayaan flora dan fauna. Salah satunya yaitu keberadaan ikan depik yang merupakan spesies ikan yang hanya ada di dalam Danau ini.

Pantan Terong
Sejak dulu Pantan terong telah menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun mencanegara. Terutama bagi pecinta keindahan panorama alam, maka Pantan terong menjadi salah satu tujuannya. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 km dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. berada di atas ketinggian 1.803 dpl membuat udara disini begitu sejuk.

Pantan Terong ini berupa bukit yang menyuguhkan pemandangan Danau Laut Tawar yang begitu indah. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba olahraga menantang yaitu Olahraga Paralayang dibatu oleh instruktur yang bisa membawa kamu berkeliling di udara menikmati keindahan pesona alam yang sangat mempersona.

Pantai Menye
Pantai Menye yang berarti dalam bahasa aceh "menye" tempat bermanja. Sehingga masyarakat menyebut pantai ini adalah tempat bermanja. Berdiri ditempat ini kita akan merasakan seolah berada di pantai sungguhan dengan deburan ombak yang membasuh kaki, lengkungan pantai yang amat luas, hembusan angin yang sejuk, serta lukisan panorama alam dengan puncak gunung yang melingkar. Selintas banyak yang tak menyadari mereka sedang berada di laut atau di danau. Namun apapun itu berkunjung ke Pantai Menye merubah sauasana hati menjadi indah.

Pantai Menye sebenarnya merupakan tempat pacuan kuda tradisional. Kuda-kuda disini dipacu oleh para joki melintas adu cepat di tepian air, bahkan dalam deburan ombak di tepi pantai. Ini yang menjadikan salah satu Pantai Menye menjadi Tempat Wisata di Aceh tengah. Terletak di Seberang kota Takengon, disisi timur danau. Membuat kota ini menjadi jalur lintasan jalan keliling Danau Lut Tawar.  Pantai ini dapat ditempuh dari Kota Takengon dengan jarak 19 km dari arah utara, dan 26 km dari arah selatan. Waktu tempuh menghabiskan 45-60 menit dalam perjalanan.

Kota Takengon
Kota Takengon yang dalam bahasa aceh "takengon" yang berarti kelokan. Untuk mencapai kota ini kita harus melewati banyaknya tikungan selama perjalanan. rute tanjakan perbukitan dan lereng-lereng gunung menjadikan jalan menuju kota ini sangat menguji adrenalin sekaligus memanjakan mata.  Kota ini sangat terkenal sebagai kota di atas awan. Berada di atas ketinggian  1200 dpl membuat kita dapat melihat keseluruhan kota dari sini. Di kota ini pula kita bisa menikmati beragam jenis obyek wisata, kuliner, pemandangan alam, refresing dan bersepeda. Wajar jika akhir pekan kota takengon menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

Air Terjun Mengaya
Air Terjun Mengaya merupakan salah satu tempat wisata alam di Aceh Tengah yang sangat mempesona. Keberadaan yang masih tersembunyi menjadikan air terjun ini masih terjaga keasriannya. Selama perjalanan menuju air terjun mengaya kita akan mendapat pemandangan perkebunan kopi di di tanah gayo. Selain kebun kopi perjalanan akan semakin asyik saat menyusuri keindahan Danau Laut Tawar yang luas. Jika anda pecinta alam maka sebaiknya Air Terjun Mengaya menjadi salah satu daftar list perjalanan anda. Disini kita dapat menikmati keindahan panorama alam serta kesegaran air terjun yang menyegarkan.

Air Terjun Mengaya terketak di jln. lingkar danau Lut Tawae, tepatnya di Desa mengaya, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun bisa menggunakan segala jenis kendaraan. Rute yang ditempuh berupa jalan setapak beraspal sekitar 1,5 km melewati persawahan.

Goa Loyang Koro
Tempat wisata di Aceh Tengah selanjutnya yaitu Goya Loyong Koro. Gua ini terletak di tepi danau laut tawar kecamatan kebayakan, takengon yang bisa ditempuh dengan jarak 5 km ke arah timur kabupaten takengon. Gua ini terletak di kaki Gunung birahpanyang. Gua ini memiliki kedalaman 110 meter. Untuk mencapainya bisa melalui jalan setapak.

Berkunjung ke Gua ini kita bisa banyak belajar tentang sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan terdahulu. konon dulunya gua ini merupakan jalan tembus menuju isak, melalui gua ini para pengembala ternak kerbau membawa ternak mereka. Di dalam cerita lainnya konon Goa ini dulu merupakan tempat bersembunyi Sultan Aceh dari kejaran tentara belanda dan portugis.

Goa Loyang Datu Merah
Goa Loyang Datu Merah menjadi salah satu tempat potensial sebagai obyek wisata. Disini pengunjung bukan hanya menyaksikan panorama keindahan alamnya, tapi juga legenda yang tersimpan di dalamnya. Legenda yang disahkan turun temurun hingga ceritanya menarik untuk disimak. legenda ini yang kemudian menjadikan tempat ini salah satu potensi yang penting bagi perkembangan sektor pariwisata di kabupaten Aceh Tengah.

Penulis: Amiira
Diberdayakan oleh Blogger.