Header Ads

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Yogyakarta Bagi Anda Penikmat Wisata Religi

Ada berbagai masjid unik dengan arsitektur indah di Jogja yang menawarkan keindahan arsitektur yang cukup menarik untuk diulik.

Wisata Religi - Berikut beberapa masjid yang cocok masuk dalam daftar masjid yang harus dikunjungi saat berwisata religi di Jogja!

Masjid KH Ahmad Dahlan UMY
Masjid KH Ahmad Dahlan UMY merupakan sebuah masjid megah berlantai tiga yang berada di kompleks Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Selain memiliki taman yang luas nan indah, masjid ini juga dilengkapi dengan tempat penitipan barang. Lantai paling bawah biasanya digunakan untuk kajian, pertemuan ataupun disewakan untuk berbagai keperluan, sedangkan lantai pertama untuk jamaah laki-laki dan  lantai kedua untuk jamaah puteri.

Alamat: Kompleks Terpadu UMY, Jalan Ring Road Selatan, Tamantirto, Kasihan Bantul, Jogja

Masjid Nurumi
Masjid Nurumi merupakan salah satu masjid unik di Jogja yang penampakannya bak masjid di negeri dongeng. Tidak seperti masjid pada umumnya yang dicat dengan warna kalem, Masjid Nurumi sengaja dicat warna-warni bak permen. Masjid Nurumi tersebut memiliki kubah unik yang bentuknya menyerupai atap Katedral Santo Peter yang berada di Moskow, Russia.

Alamat: Jalan Jogja Solo km 15, Candisari, Kalasan, Sleman

Masjid Khadija
Masjid Khadija merupakan salah satu masjid megah di Jogja yang sebagian besar bangunannya dilapisi dengan kristal dan marmer. Masjid yang memiliki paduan arsitektur bergaya Turki dan Iran ini juga dilengkapi dengan berbagai kaligrafi indah yang sarat akan makna di berbagai sudut masjid. Karena keindahannya, tidak jarang pengunjung mengambil foto selfie di masjid cantik yang satu ini.

Alamat: Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo. SMK BUDI MULIA

Masjid Islamic Center UAD
Masjid Islamic Center UAD merupakan salah satu masjid baru di Jogja yang mengundang banyak perhatian. Selain menawarkan arsitektur yang mengah, Ramadhan tahun ini Masjid Islamic Center UAD mengunggah daftar menu buka puasa yang begitu menggiurkan. Masjid tiga lantai ini juga dilengkapi dengan ruang konsultasi keagamaan, ruang kajian hingga museum ke-Islam-an.

Alamat: jalan Ring Road Selatan, Tamanan. Banguntapan, Bantul, Jogja

Masjid Kampus UGM
Sesuai dengan namanya, Masjid Kampus UGM merupakan masjid megah yang berada di kompleks Kampus UGM. Masjid dua lantai yang dikelilingi dengan taman yang sangat luas ini juga memiliki air mancur serta pintu gerbang hitam dengan desain yang begitu unik. Selain dapat menampung ratusan jamaah, masjid ini memiliki fasilitas ATM, area parkir yang luas serta penjual buku Islami yang berjajar di sisi utara masjid.

Alamat: Kompleks Kampus UGM

Masjid UIN Sunan Kalijaga
Masjid UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu masjid yang didesain unik. Pasalnya di masjid yang dicat dnegan warna silver ini tidak ditemukan kubah yang umum ada pada bangunan masjid, namun terdapat bentuk kubus bersusun yang terdapat pada menara masjid. Meski demikian di pintu masuk tetap ada corak Jawa yang begitu khas.

Alamat: Jalan Laksda Adi Sucipto, Kompleks UIN Jogja

Masjid Gedhe Kauman
Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu masjid yang kental dengan nuansa budaya Jawa. Secara simbolis masjid ini menunjukkan keberadaan sultan sebagai pemimpin perang atau pemerintahan serta sebagai pemimpin agama di kesultanan. Masjid dengan tiga mustoko ini memiliki serambi, kolam serta gapura depan yang unik. lengkap dengan bangunan pagongan yang berada di halaman depan masjid, yang berfungsi sebagai tempat gamelan.

Alamat: Jalan Plataran, Kauman, Jogja

Masjid Gede Mataram Kotagede
Masjid Gede Mataram Kotagede merupakan perpaduan antara unsur Islam dan Hindu. Perpaduan ini menjadikan masjid Gede memiliki keunikan tersendiri seperti gapura paduraksa dan tembok L yang tidak lain merupakan apresiasi Sultan Agung pada pemeluk agama Hindu dan Buddha yang ikut andil dalam pembangunan masjid. Masjid berbentuk limasan juga memiliki bedug tua, mimbar kayu dengan ukiran yang sangat indah serta tugu yang menyerupai bentuk candi.

Alamat: Desa Tagalan, Banguntapan, Bantul, Jogja

Masjid Soko Tunggal
Soko merupakan tiang penyangga utama, sehingga Masjid Soko Tunggal memiliki arti masjid dengan satu tiang penyangga saja. Di Masjid ini Anda akan disuguhi dengan beragam ukiran yang menambah keindahan masjid, namun juga memiliki makna tertentu. Ukiran praba misalnya yang berarti bumi, tanah serta mengandung nilai kewibawaan.

Alamat: Jalan Taman 1 No 318 Kecamatan Kraton, Yogyakarta

Masjid Syuhada Yogyakarta
Selain sebagai tempat ibadah, ternyata Masjid Syuhada juga dapat menjadi pilihan wisata sejarah. Masjid ini ternyata menyimpan konsep penanggalan Jawa yang disebut dengan candrasengkala yang sekaligus menjadi peringatan prokamasi NKRI. Candrasengkala ini digambarkan melalui bangunan masjid seperti 17 anak tangga di bagian depan, delapan tiang gapura, empat kubah bawah dan lima kubah atas yang berdiri tegak menghadap kiblat.

Alamat: Jl. Pringgokusuman No.12, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis: Retno
Diberdayakan oleh Blogger.