Header Ads

Curug Indah Tegalrejo, Pesona Ujung Timur Gunung Kidul Yogyakarta

Curug Indah Tegalrejo atau biasa disebut Curug Bayat terletak desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Letaknya berbatasan dengan Kecamatan Bayat Klaten, sehingga sering disebut Curug Bayat karena akses menuju lokasi memang lebih mudah jika melalui Kecamatan Bayat Klaten.



Wisata Jogja - Jika berangkat dari Yogyakarta melalui rute Yogyakarta – Prambanan – Srowot -Wedi – Bayat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda 2. Untuk memasuki area wisata Curug Indah Tegalrejo tidak dipunggut tiket masuk, pengunjung hanya membayar retribusi parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,-.


Untuk mencapai lokasi Curug pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit, dan untuk mencapai curug yang paling atas harus berjalan kaki lagi sekitar 5 menit melewati jalan setapak, atau juga bisa menyusuri sungai. Curug Indah Tegalrejo memiliki banyak Curug dengan ketinggian dan bentuk  yang bervariasi dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air oleh para pengunjung.

Pengunjung curug ini masih didominasi masyarakat sekitar Kecamatan Bayat, diantaranya anak-anak kecil yang asik bermain air dan meloncat dari bebatuan, pelajar yang menghabiskan waktu setelah pulang dari sekolah, juga banyak pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu disekitar curug.

Saya dan beberapa teman saya sudah 4 kali mengunjungi Curug Indah Tegalrejo, yakni tanggal 31 maret 2013, tanggal 8 april 2013, pertengahan 2014 dan terakhir 13 desember 2014. Walau hanya terpaut sekitar 1 minggu pada kunjungan pertama dan kedua, namun volume air dicurug ini sudah sangat berbeda, karena disebabkan oleh hujan lebat pada malam sebelum kunjungan yang kedua membuat curug ini lebih deras dari biasanya.



Pada kunjungan yang pertama, air yang mengalir di Curug yang berada paling atas sangat kecil sehingga tebing bebatuan bisa dipanjat dengan sangat mudah, namun pada kunjungan yang kedua karena derasnya air yang mengalir dari Curug membuat mendekati cukup sulit karena tumpahan volume air yang sangat besar. Pada Curug yang berada dibawah bentuknya tidak terlalu berbeda, namun masih terlihat kenaikan volume air, sehingga menambah pesona dari Curug Bayat yang masih relatif sepi pengunjung ini.

Potensi dari tempat ini begitu besar, karena jika ditotal terdapat sekitar 6 curug dengan ketinggian yang bervariasi dengan jarak yang tidak begitu jauh satu dengan yang lainnya, juga terdapat kolam-kolam disetiap curug dengan lebar dan kedalaman yang bervariasi pula. Namun tempat ini sepertinya belum dikelola secara serius oleh masyarakat setempat, sehingga masih sangat minim fasilitas yang memadai seperti tidak ada kamar mandi, tidak ada tempat sampah, area parkir kurang memadai, jalan yang buruk (sekarang sudah ada tempat parkir dan sudah diaspal nih).


Karena jika dikelola dengan baik dan diberi fasilitas yang memadai, tempat ini akan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Klaten, khususnya Kecamatan Bayat karena pesona Curug Indah Tegalrejo yang begitu mempesona.

Penulis: Space Picnic
Diberdayakan oleh Blogger.