Header Ads

Berlibur Ke Kota Batu? Inilah Objek - Objek Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi

Berbagai objek wisata yang unik dan beragam hadir di Kota Batu. Berikut beberapa tempat yang wajib Anda sambangi ketika bertualang di kota apel ini.

Wisata Budaya - Rutinitas seringkali membuat penat dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, refreshing mutlak diperlukan, terutama bagi pekerja kantoran. Salah satu cara ampuh untuk menyegarkan pikiran adalah dengan pergi berlibur. Biasanya, liburan akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang terdekat, misalnya keluarga.

Karena itu, pemilihan destinasi adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pilihlah destinasi yang bisa dinikmati oleh setiap anggota keluarga. Kota Wisata Batu adalah jawabannya. Kota yang satu ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan berkat objek wisatanya yang unik dan beragam. Ditambah keindahan alam dan hawanya yang sejuk, Kota Batu kian memikat. Berikut beberapa objek wisata wajib jika berkunjung di kota apel ini. Mari bertualang di Kota Wisata Batu.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata di Batu berkembang begitu pesat. Beragam objek wisata yang unik dan menarik bermunculan dan berhasil menggaet perhatian wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Berkat promosi dan pengelolaan objek wisata yang baik, Batu kini menjelma menjadi primadona baru sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Jawa Timur Park 1
Terletak di Jalan Kartika No.02 Kota Wisata Batu, objek wisata ini menjadi yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan telah menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur.

Berbeda dengan objek wisata lainnya, di Jawa Timur Park 1 atau biasa disingkat Jatim Park 1, Anda akan menemukan hingga 60 wahana, diantaranya Ken Arok Swimming pool, Tour Bus, Super Loop Coaster, Pendulum 360’, Carnival Halloween dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menjadi satu-satunya tempat wisata pertama di Indonesia yang memiliki 5 wahana Roller Coaster sekaligus. Harga tiket memasuki objek wisata ini pun tergolong ekonomis, yakni Rp. 70.000/orang pada Senin-Kamis dan Rp. 100.000/orang pada Jumat-Minggu. Bisa dibilang faktor-faktor inilah yang menjadikan Jatim Park 1 sebagai objek wisata favorit di Jawa Timur.

Selain sebagai tempat rekreasi, ...Selain sebagai tempat rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi.

Uniknya, Selain sebagai tempat rekreasi, Jatim Park 1 juga mengusung konsep edukasi dengan adanya science center yang dilengkapi dengan science stadium yang mampu menampung 150 orang dalam sekali peragaan science. Objek wisata ini sangat cocok bagi anak-anak, namun orang dewasa juga bisa menikmati sekaligus belajar bersama putra-putrinya. Bangunan ini dilengkapi alat peraga ilmu terapan, baik yang indoor maupun outdoor. Keberadaan alat-alat peraga ini didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya, dan sejumlah universitas di Jawa Timur. Pastinya Anda akan mengalami keseruan tersendiri di tempat ini.

Jawa Timur Park 2
Di Jatim Park 2 terdapat Museum ...Di Jatim Park 2 terdapat Museum Satwa. Di dalam museum berstandar internasional ini, berbagai satwa dari seluruh belahan dunia yang sudah diawetkan melalui proses taksidermi, ditampilkan dalam diorama yang membuat hewan tersebut terlihat hidup di habitat aslinya.

Jawa Timur Park 2 merupakan kombinasi unik antara kebun binatang modern sekaligus lembaga konservasi dan museum berstandar internasional dengan luas total 22 hektar. Tetap membawa konsep edukasi dan hiburan, Jawa Timur Park 2 sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai anak-anak hingga dewasa.

Tempat ini memiliki koleksi lebih dari 300 spesies hewan unik dan menarik dari berbagai belahan dunia. Diantaranya, pygmy marmoset; monyet terkecil didunia, lemur ekor cincin hingga kuda gipsi asal Amerika. Tak hanya satwa eksotik, beberapa hewan endemik yang sangat unik juga melengkapi koleksi kebun binatang yang dikenal dengan nama Batu Secret Zoo ini, di antaranya ada binturong albino, tapir, landak albino, nutria albino, coatimundi albino, piton albino, harimau putih dan singa putih.

Salah satu koleksi Jatim Park 2 ...Salah satu koleksi Jatim Park 2 yang paling terbaru adalah "Snow Leopard" yang berasal dari pegunungan Himalaya, Asia Tengah.

Terpilihnya Batu Secret Zoo sebagai kebun binatang terbaik ke-9 di Asia pada tahun 2014, destinasi terbaik ke-5 di Asia pada tahun 2015 dan meraih Certificate Of Excellent di tahun 2016 (Ketiganya oleh TripAdvisor) membuat Batu Secret Zoo selalu konsisten meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah koleksi2 satwa yang unik, salah satunya yang paling terbaru adalah “Snow Leopard” yang berasal dari pegunungan Himalaya, Asia Tengah.

Selain hewan-hewan, berbagai ...Selain hewan-hewan, berbagai koleksi fosil dan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Mamut, dan lain-lain hadir di Jatim Park 2.

Selain menikmati koleksi berbagai spesies hewan yang terbagi di sembilan zona, para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan beberapa hewan, seperti jerapah, kuda nil, unta, ilama, bahkan memberi makan harimau putih dan singa putih. Jatim Park 2 juga menjadi pelopor dan satu-satunya kebun binatang modern dengan konsep edukasi dan fun dengan menyediakan waterpark dan wahana permainan.

Setelah mengeksplor Batu Secret Zoo, kita akan memasuki gedung putih yang telah menjadi ikon pariwisata di Indonesia, yaitu Museum Satwa. Museum berstandar internasional yang menampilkan berbagai satwa dari seluruh belahan dunia yang sudah diawetkan melalui proses taksidermi, ditampilkan dalam diorama yang membuat hewan tersebut terlihat hidup di habitat aslinya. Tak ketinggalan, berbagai koleksi fosil dan replika satwa purba pun juga hadir di sini. Sebut saja Apatosaurus, Mammoth, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Mayapada Show pada setiap akhir pekan. Semua pengalaman luar biasa diatas bisa didapatkan hanya dengan membayar tiket yang sangat terjangkau; Rp. 84.000,- pada hari Senin-Kamis, dan Rp. 120.000,- pada hari Sabtu-Minggu. Buka mulai pukul 10:00 – 18:00.

Eco Green Park
Mengusung tema Mengusung tema "Cintai Bumi", Eco Green Park menyajikan lebih dari 35 wahana pembelajaran tentang daur ulang yang unik dan menyenangkan dan bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan gratis.

Berada di lokasi yang bersebelahan dengan Jawa Timur Park 2, Eco Green Park merupakan taman edukasi bernuansa pedesaan yang berdiri di atas lahan seluas enam hektar.

Mengusung tema “Cintai Bumi”, Eco Green Park menyajikan lebih dari 35 wahana pembelajaran tentang daur ulang yang unik dan menyenangkan dan bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan gratis. Di antaranya adalah Walking Bird, Jungle Adventure, World of Parrot, Earthquake Simulator, Pengolahan Limbah dan masih banyak lagi.

Eco Green Park memiliki ratusan ...Eco Green Park memiliki ratusan spesies unggas dan serangga dari seluruh dunia.

Selain itu, taman ekologi bertaraf internasional terluas di Indonesia ini memiliki ratusan spesies unggas dan serangga dari seluruh dunia. Eco Green Park yang juga telah meraih penghargaan “Certificate of Excellent" pada tahun 2016 oleh Trip Advisor memiliki koleksi unggas unik terbaru, yaitu merak putih. Para pengunjung dapat berinteraksi langsung di dalam kandang raksasa merak putih tersebut. Dengan membayar tiket masuk hanya Rp. 49.000,- pada hari Senin-Kamis, dan Rp. 70.000,- pada hari Sabtu-Minggu, para pengunjung bisa menikmati semua wahana, bahkan menikmati Bird Show pada jam-jam tertentu.

Museum Angkut + Movie Star Studio
Museum Angkut memiliki 16 zona ...Museum Angkut memiliki 16 zona yang tertata sangat hidup sesuai lansekap kota-kota ternama di dunia, seperti Venice, London, Gangster Town, Las Vegas, bahkan Holywood.

Setelah menikmati serunya berinteraksi dengan satwa dan wahana yang menguji adrenalin, Kota Batu belum puas untuk membuat kagum para wisatawan yang datang untuk berlibur. Museum Angkut+ Movie Star Studio, yang baru resmi dibuka pada tanggal 9 Maret 2014, kini telah jadi primadona pariwisata karena keunikannya sebagai tempat wisata baru dan berbeda dari museum-museum lainnya di Indonesia bahkan dunia.

Tempat ini memiliki lebih dari 300 koleksi alat angkut klasik hingga modern dari berbagai negara di seluruh belahan dunia, mulai dengan Buick 10 Toneau yang diproduksi pada tahun 1910 hingga Hummer Limousin tahun 2004. Museum dengan konsep unik ini memiliki 16 zona yang tertata sangat hidup sesuai lansekap kota-kota ternama di dunia, seperti Venice, London, Gangster Town, Las Vegas, bahkan Holywood.

Semua mobil seperti Ford Model A, Pontiac GTO, Mustang, Cadillac Devil, Ford Cobra dan lain-lain tertata rapi sesuai dengan lansekap yang sangat menakjubkan. Tetap mengusung nilai edukasi, Museum Angkut juga menyuguhkan koleksi alat angkut bernilai sejarah seperti Land Rover Ceremonial tahun 1954 yang sempat menemani Ratu Elizabeth II pada kunjungan kenegaraannya di Australia. Selain itu juga mobil yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu mobil Chrysler Windsor Deluxe tahun 1952 milik Ir. Soekarno yang menjadi mobil kepresidenan pertama Indonesia.

Zona terbaru di museum ini adalah Runway 27, zona yang menyuguhkan koleksi pesawat, sebut saja Boeing 737-200 dengan interior mewah selayaknya pesawat kepresidenan. Selain bisa berfoto-foto di dalam kabin pesawat, para pengunjung juga bisa belajar menjadi pilot dengan Flight Simulator di dalam kokpit pesawat ini.

Di zona Runway 27, Museum ...Di zona Runway 27, Museum Angkut, selain bisa berfoto-foto di dalam kabin pesawat, para pengunjung juga bisa belajar menjadi pilot dengan Flight Simulator di dalam kokpit pesawat.

Pada setiap hari jumat-Minggu dan hari-hari besar, para pengunjung bisa menikmati beberapa pertunjukan yang disuguhkan oleh pihak Museum Angkut, seperti Spiderman Show, Gangster Show, dan Parade Show yang akan membuat wisatawan semakin takjub dengan Museum ini.

Tempat ini juga dilengkapi dengan Pasar Apung Nusantara, tempat para wisatawan dapat menikmati masakan tradisional Indonesia. Pada akhir perjalanan, para wisatawan juga disambut oleh Museum Topeng yang meyuguhkan koleksi peninggalan sejarah Indonesia yang harus tetap dilestarikan dan dipelajari oleh anak penerus bangsa. Buka mulai pukul 12.00 – 20.00 WIB, Anda hanya perlu membayar Rp. 70.000,- pada hari Senin-Kamis, dan Rp. 100.000,- pada hari jumat-Minggu untuk menikmati keindahan museum ini.

Museum Tubuh “The Bagong Adventure”
Di Museum Tubuh Di Museum Tubuh "The Bagong Adventure", Anda dapat menelusuri seluk beluk anatomi tubuh manusia dengan cara inovatif dan mengasyikkan dalam 13 zona.

Terletak satu lokasi dengan Jawa Timur Park 1, Museum Tubuh “The Bagong Adventure” menjadi museum tubuh pertama, terlengkap dan terbesar di Asia. Hanya dengan membayar Rp. 49.000,- pada hari Senin-Kamis, dan Rp. 70.000,- pada hari Jumat-Minggu, para wisatawan dibawa menelusuri seluk beluk anatomi tubuh manusia dengan cara inovatif dan mengasyikkan dalam 13 zona. Mulai dengan Zona Gigi, Hidung, Mata, Telinga, bahkan Jantung dan zona-zona lainnya yang berdiri dalam gedung 6 lantai di atas lahan seluas 1,5 hektar.

Museum Tubuh The Bagong ...Museum Tubuh The Bagong Adventure terdiri dari 13 zona, di antaranya Zona Gigi, Hidung, Mata, Telinga, bahkan Jantung.

Para wisatawan juga dapat mempelajari berbagai sifat manusia dan langkah-langkah cermat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan didukung oleh alat-alat multimedia yang canggih, sehingga membuat suasana pembelajaran tidak membosankan. Bahkan para wisatawan juga mendapatkan fasilitas check-up kesehatan secara gratis di lantai 6. Di ujung perjalanan eksplorasi, para wisatawan akan disuguhi koleksi kadaver, yaitu manusia yang telah diawetkan melalui proses plastinasi untuk tujuan pembelajaran. Hal ini juga menjadikan The Bagong Adventure salah satu museum tubuh yang memiliki koleksi kadaver di dunia, bersama satu museum di Eropa.

Batu Night Spectacular
Di Batu Night Spectacular, Anda ...Di Batu Night Spectacular, Anda bisa menikmati dinginnya malam hari Kota Batu sambil menyaksikan keindahan dan gemerlap lampu dari puluhan wahana.

Batu Night Spectacular merupakan tempat wisata yang atraktif bagi seluruh keluarga. Nikmati dinginnya malam hari Kota Batu sambil menyaksikan keindahan dan gemerlap lampu dari wahana Sepeda Udara dan lebih dari 35 wahana permainan menarik lainnya, mulai dari Taman Lampion paling romantis dan paling luas di Indonesia, Trick Art Gallery, Cinema 4D, Battle Area, Laser Mission hingga wahana yang memicu adrenalin seperti; Megamix, Gravitron, Haunted House, termasuk wahana terbaru Drop & Twist Tower dan masih banyak lagi.

Di Batu Night Spectacular, ...Di Batu Night Spectacular, pengunjung bisa menyaksikan berbagai pertunjukan menarik juga bisa dinikmati setiap hari, seperti Dancing Fountain, Laser Show, Live Music, dah Traditional Dance Performance.

Buka mulai pukul 16.00 hingga 23.00 dan dengan tiket Rp.100.000,-, para wisatawan bisa menikmati hampir semua wahana yang ada di Batu Night Spectacular. Bukan hanya itu saja, berbagai pertunjukan menarik juga bisa dinikmati  setiap hari, seperti Dancing Fountain, Laser Show, Live Music, dah Traditional Dance Performance. Para wisatawan juga akan dimanjakan oleh tersedianya lebih dari 250 stan suvenir dan kuliner yang bisa dinikmati pada akhir perjalanan liburan.

Predator Fun Park
Di Kota Batu, Anda juga bisa ...Di Kota Batu, Anda juga bisa mengunjungi Predator Fun Park yang merupakan Taman Konservasi Predator pertama di Indonesia

Predator Fun Park merupakan Taman Konservasi Predator pertama di Indonesia yang berjarak hanya 20 menit dari Batu Night Spectacular, tepatnya di Jalan Raya Tlekung No 315.

Tempat ini memiliki berbagai macam koleksi satwa predator seperti piranha, pari dan berbagai macam spesies buaya. Tempat ini juga mengedukasi tentang pengembangbiakan dan pengeraman buaya. Bahkan para pengunjung bisa berinteraksi dan memberi makan langsung kepada satwa predator di sini. Selain koleksi satwa predator, ada juga waterpark dan beberapa wahana permainan seperti Coco Train, Extreme Trampolin, Fun House dan masih banyak lagi.

Taman konservasi yang buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB ini hanya membandrol tiket masuk seharga Rp. 35.000,- pada hari Senin-Kamis, dan Rp. 50.000,- pada hari jumat-Minggu. Uniknya lagi, taman konservasi buaya ini juga menyajikan kuliner ekstrim di area Food Courtnya, yaitu sate buaya.

Kota yang juga dikenal dengan sebutan “The Little Swiss” ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa untuk bisa dikunjungi. Salah satunya Coban Rondo, air terjun alami terbesar yang ada di Batu.

Wisata paralayang juga jadi atraksi alam yang sangat ikonik di kota ini. Selain dikelilingi oleh banyak gunung, Kota Batu juga memiliki banyak aliran sungai yang membuat banyaknya pilihan wisata River Rafting. Wisatawan juga dapat menikmati banyaknya kebun apel dan stroberi di sini. Sepertinya waktu satu minggu tak akan cukup untuk berlibur dan benar-benar menikmati objek wisata di sini. Cuaca yang sangat sejuk, dengan suasana alami namun tetap menampilkan sisi modern, membuat wisatawan lokal maupun asing memilih untuk tinggal lebih lama di Kota Batu.

Penulis: Wisata Jawa Timur
Diberdayakan oleh Blogger.