Header Ads

Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang Ciumbuleuit Bandung

Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang merupakan salah satu tempat yang dijadikan alternatif untuk melaksanakan resepsi pernikahan, terutama dengan konsep pernikahan outdoor. Lokasi Bumi Sangkuriang terdiri dari bangunan utama, yang berisi ruang pertemuan atau hall, lalu ada restoran, dapur, dan ruangan pendukung lainnya. Selain itu, lingkungan Bumi Sangkuriang juga terdapat halaman belakang berupa hamparan rumput hijau, pohon pinus yang mengelilingi taman.

Wisata Budaya - Peristiwa yang mungkin mengingatkan kita tentang Bumi Sangkuriang ini adalah ngunduh mantu nya pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pernikahan Raffi ini termasuk yang fenomenal dan disiarkan oleh beberapa stasiun TV nasional pada waktu itu. Maklumlah, Raffi merupakan selebritis yang paling ditunggu tunggu pernikahannya oleh khalayak ramai.

Salah satu keunikan dari Bumi Sangkuriang ini adalah ruang utama indoornya yg walaupun tidak terlalu luas namun memiliki gaya arsitektur yang sangat menarik, gaya art deco. Sangat unik dan tidak biasa, ditambah lagi dengan view cantik ke halaman belakang yang hijau dan asri. Disini anda bisa menimmati pemandangan sambil menikmati sajian dari restoran.

Menurut beberapa penikmat wisata Bandung, tempat ini merupakan salah satu tempat nongkrong dan tempat wisata kuliner di bandung terbaik. Dengan adanya Cafe dan Resto Concordia dan didukung dengan tempat penginapan di bandung yang eksotis dengan adanya Hotel Concordia.

Ada 25 kamar dengan tiga pilihan kamar yang disediakan oleh Hotel Bintang 3 Corcordia Bandung yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Tipe kamar yang tersedia adalah mulai, Deluxe Room, Classic Room dan Dutch Room. Dengan fasiltas kamar yang luxurius dan bagus dan wifi gratis, anda hanya cukup membayar sewa kamarnya mulai dari Rp.300.000.saja, murah bukan...

Fasilitas yang ada di Bumi Sangkuriang ini adalah:
  • Tempat pertemuan
  • Cafe & Resto Concordia
  • Fitness Center
  • Lapangan Tennis
  • Live Music (occasionally)
  • Kolam Renang
  • Bilas Air Panas
  • Playground untuk anak anak
Kolam Renang Bumi Sangkuriang merupakan salah satu tempat aktifitas favorit di sana, namun juga sebagai salah satu kolam renang yang ada di bandung yang terbuka untuk umum. Keunikan Kolam renang Bumi Sangkuring adalah dengan konsep kolam renang terbuka selain anda bisa berolahraga berenang, anda juga pastinya bisa menikmati pemandangan sekitar yang hijau dan asri di tengah kawasan berudara sejuk.

Bagi masyarakat umum yang ingin menikmati kolam renang Bumi Sangkuriang di kolam ini ketika liburan akhir pekan atau musim liburan, silahkan datang saja langsung ke sini dan anda cukup dengan Rp.35.000 saja.

Taman disekeliling Bumi Sangkuriang sangat asri dan terjaga. Berbagai bunga yang berwarna warni, menghiasi indahnya pemandangan Bumi Sangkuriang. Tak heran, lingkungan Bumi Sangkuriang mengingatkan pada Paris Van Java, atau Paris yang berada di pulau Jawa.

Pada bagian depan bumi Sangkuriang terdapat prasasti yang menerangkan bahwa usia Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang telah lebih dari satu abad. kurang lebih tulisannya dalah sebagai berikut:
  • "Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang, Satu Abad 1879-1979 ttd Komar Andasasmita, ketua periode 1979-1982 bandung 1 juli 1979"
Adapun prasasti lain yang ada disana menunjukkan bahwa Bumi Sangkuriang merupakan cagar budaya  berdasarkan perda kota Bandung No 19/2009. Bunyi prasasti tersebut adalah:

"Bumi Sangkuriang dibangun tahun 1957 Arsitek Gmeilig Melling. bangunan ini dibangun sebagai pengganti Societeit Concordia yang diambil alih oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1955 bangunan Cagar budaya kota bandung no:19/2009"

Bumi Sangkuriang berlokasi di:
Jalan Kiputih No 12 Ciumbuleuit, Bandung Jawa Barat.

Untuk informasi harga, kegiatan acara atau reservasi tempat dan informasi lainnya, silahkan anda bisa menghubungi nomer telepon 022-2032661

Bumi Sangkuriang buka setiap hari, mulai Senin hingga Minggu, mulai operasional Pukul 07.00 – 23.00 WIB

Penulis: Erlin Hikmawan
Diberdayakan oleh Blogger.