Header Ads

Wisata Unik 'Sumur Laut' di Pantai Donggala di Sulawesi Tengah

Wisata Unik - Berbicara tentang kekayaan alam Indonesia, tentu tak akan pernah habis untuk diulas, Palu salah satunya. Wilayah ini ternyata menyimpan pesona yang begitu dasyat, yaitu ‘sumur laut’ yang disebut sebagai satu-satunya di Indonesia bahkan dunia.

Saat ini, tempat ini menjadi salah satu spot wisata yang paling diincar oleh para wisatawan, terutama yang singgah di kawasan Palu.

Dikutip dari detikTravel, Sabtu (21/1/2017), pusat laut yang berada di Pantai Donggala ini memiliki bentuk seperti sumur raksasa yang ada di Lembah Bada. Untuk menandakan bahwa sumur ini merupakan kawasan wisata, pembatas berupapagar pun telah dibangun disekitar sumur. Apabila pengunjung melongok ke dalam sumur, maka air hijau bening akan terlihat dengan jelas.

Sumur yang memiliki diameter sekitar 10 meter dan kedalaman 7 meter ini terbentuk secara alami. Menurut penuturan penduduk sekitar, ada lubang yang menghubungkan antara sumur dengan laut, sebab air sumur ini rasanya asin seperti air laut.

Sumur laut ini juga menyimpan hal unik, misalnya air sumur akan surut ketika laut pasang dan sebaliknya. Selain itu, Pusat Laut Danggola ini juga tak pernah mengalami kekeringan, walaupun musim kering sedang melanda.

Anda yang berminat untuk mengunjungi tempat ini bisa datang ke Pantai Donggala yang berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Dari Kota Palu, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Di sekitar Pantai Donggala juga sudah tersedia beberapa penginapan yang memang disediakan untuk para wisatawan.

Penulis: Detik Travel
Diberdayakan oleh Blogger.