Header Ads

Wisata Murah Meriah dan Unik di Berbagai Taman - Taman di Jakarta Yang Penuh Inspirasi

Wisata Edukasi - Pergi liburan tak harus selalu ke luar kota atau keluar negeri. Sekali-sekali jalan di sekitaran Jakarta juga banyak yang menarik. Salah satunya Taman Tabebuya. Taman Tabebuya merupakan salah satu taman favorit yang dikunjungi oleh warga Jagakarsa dan sekitarnya.

Meski letaknya yang persis di pinggir jalan di jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan namun suasana nyaman juga bersih menjadi alasan mengapa tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu, di taman yang cukup luas tersebut ada sebuah kolam teratai dengan ikan yang cukup banyak. Para pengunjung pun dipersilakan memberikan makan ikan-ikan disana. Bagi yang tak membawa makanan ikan dari rumah pun tak perlu risau. Persis di depan pintu masuk ada yang berjualan pakan ikan dengan harga hanya Rp 2 ribu per bungkus.

Namun meskipun ikan di Taman Tabebuya cukup banyak, para pengunjung dilarang untuk memancing disana, karena ikan itu berfungsi sebagai penghias taman. Taman di ujung selatan Jakarta ini adalah taman cantik dengan kolam teratai di lembah nan asri. ''Piknik murah meriah ya kesini. Makanan bisa bawa dari rumah, anak main juga tak perlu bayar,'' kata Indah, salah satu pengunjung.

Memang, selain taman yang luas, asri dan hijau, sejumlah tempat bermain anak disediakan. Seperti ayunan, prosotan, tangga-tangga. Ada aliran kali kecil, dimana kita bisa turun dan mencari ikan atau sekedar duduk-duduk mengamati pemandangan kolam air penuh bunga teratai. Taman ini juga asik untuk olahraga lari karena ada jogging track.

Tabebuya adalah taman ramah anak yang dilengkapi perpustakaan mini. Taman ini juga aman dan bersih karena setidaknya ada delapan petugas keamanan dan 11 petugas kebersihan bergantian bersiaga.

Tidak ada tiket masuk. Jadi, kita tidak perlu khawatir, anak-anak minta jajanan mahal. Karena, di dalam areal tempat piknik ini tidak ada penjual makanan atau minuman berkeliaran. Kalau pun ada, penjual makanan dan mainan hanya berjualan di depan pintu masuk.  Itu juga tidak banyak, dan harga jajanannya cukup ramah di kantong.

Tapi bila Anda ingin mengajak anak melihat danau yang lebih besar, datanglah ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, kawasan yang khusus ditujukan untuk pelestarian dan kemajuan seni-budaya Betawi. Anak bisa naik perahu bebek mengelilingi setu (danau), melihat rumah khas Betawi, nonton ondel-ondel, tari topeng hingga belajar pencak silat beksi.

Taman Ayodia di kawasan Mahakam sekarang juga sudah cantik. Anda bisa berolahraga, berkumpul dan bahkan mengajak main anak-anak. Sarana lain juga lengkap di taman ini seperti, wc umum, jogging track, tempat duduk dan tempat makan yang disiapkan taman. Bahkan ada wifi gratis.

Di Jakarta Pusat, ada Taman Menteng. Taman yang bekas stadion Persija Jakarta fasilitasnya terbilang lengkap. Mulai dari lapangan futsal, basket, taman bermain anak seperti ayunan dan sebagainya, gedung parkir, dan lain-lain. Ada juga Taman Suropati. Jika berkunjung ke malam hari, khususnya weekend, bakal disuguhkan aksi seniman jalanan.

Yang menarik ada semacam pertunjukan band indie/lokal. Jika kita menyeberang ke tengah jalan terdapat patung Pangeran Diponegoro sedang menunggang kuda. Di sini terdapat hamparan bunga dan air mancur yang menambah keindahan dan sayang kalau dilewatkan untuk berfoto. (dew)

Penulis: Indopos
Diberdayakan oleh Blogger.