Header Ads

Pesona Telaga di Atas Awan 'Embung Sriten' di Yogyakarta

Terletak di kawasan perbukitan Batur Agung, Embung Sriten menjadi telaga buatan tertinggi di Yogyakarta. Selain fungsi utamanya sebagai sumber pengairan kebun buah, Embung Sriten juga menjadi magnet wisata baru di Gunungkidul.

Wisata Unik - Sejak dulu Kabupaten Gunungkidul identik dengan kawasan yang gersang dan tandus serta rawan kekeringan. Hal ini dikarenakan kontur wilayahnya yang tersusun dari batuan karst atau batuan kapur. Namun kini pandangan tersebut perlu diubah sebab Gunungkidul justru menjadi kawasan yang menyajikan wahana wisata tirta paling beragam di Yogyakarta.

Argo Embung Batara Sriten atau yang dikenal dengan nama Embung Sriten adalah salah satu obyek wisata tirta yang wajib Anda kunjungi saat datang ke Yogyakarta. Telaga buatan yang terletak di puncak bukit ini menjadi embung tertinggi di Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Embung Sriten pun akan dimanja dengan udara yang sejuk dan panorama yang sangat indah.

Mata wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan telaga dengan latar awan gemawan dan hutan yang menghijau. Dari tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan Rawa Jombor serta Waduk Gajah Mungkur dari kejauhan. Tak hanya itu, saat malam menjelang wisatawan yang berkemah di tempat ini bisa menyaksikan keindahan lampu Kota Klaten dan Nglipar.

Dari ketinggian Embung Sriten, wisatawan juga bisa menyaksikan sunset maupun sunrise tanpa terhalang pepohonan. Saat pagi menjelang, gumpalan kabut yang melingkupi area di bawah embung serupa kue lapis berwarna hijau putih dan terlihat sangat menyejukkan mata. Saat senja tiba, kilau cahaya keemasan yang menerpa permukaan air menjadi pemandangan epic yang sayang dilewatkan.

Selain menyajikan wisata telaga buatan, Embung Sriten juga menjadi kebun buah kelengkeng, manggis, durian, dan sirsak. Kedepannya di tempat ini akan dibangung landasan paralayang berskala internasional.

Lokasi dan Akses Menuju Embung Sriten
Embung Sriten terleyak di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan, Nglipar, Gunungkidul. Dari Yogyakarta silahkan ikuti jalan yang menuju Gunungkidul. Sesampainya di pertigaan Nglipar belok ke kiri dan ikutu jalan hingga menemukan Balai Desa Pilangrejo di ruas jalan Ngawen – Nglipar. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada penduduk lokal.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Embung Sriten pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan motor matic jika ingin berkunjung ke tempat ini. Hal ini dikarenakan jalan menuju Embung Sriten dipenuhi tanjakan dan tikungan tajam serta sebagian berupa jalan makadam.

Penulis: NJogja
Diberdayakan oleh Blogger.