Header Ads

Pesona Keindahan Alam Bawah Laut dan Hiu Putih di Pulau Bongkil - Manado

Wisata Alam - Sulawesi Utara yang memiliki Ibu Kota di Manado adalah wilayah yang dikelilingi oleh perairan. Terletak di ujung utara Pulau Sulawesi yakni berbatasan dengan berbagai lautan dan teluk salah satunya adalah Samudera Pasifik sebelah timur.

Wajarlah jika provinsi ini memiliki keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Ada banyak wisata air baik wisata laut, pulau, ataupun danaunya. Segala kebutuan air, dan makanan dari alam seolah mudah dijangkau dan selalu terpenuhi.

Salah satu pulau yang patut dibanggakan di Provinsi Sulawesi Utara ini adalah Pulau Bongkil yaitu terletak di perbatasan Sulawesi Utara dan Gorontalo. Tak kalah jernih jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sekitarnya.

Karang lautan di pulau ini salah satunya, menjadi daya tarik wisatawan disaat gelombang laut mulai surut. Anda dapat menyaksikan ratusan karang lautan melalui tembus pandang, belum lagi ciri khas pasir pantai di Sulawesi yang hampir rata-rata memiliki pasir putih.

Banyak keindahan alam yang akan Anda nikmati di pulau ini, beragam kenyamanan dapat Anda pilih sesuai selera. Pulau Bongkil akan menjadi pertimbangan pertama Anda sebagai tujuan wisata liburan keluarga ataupun teman-teman yang Anda cintai.

Menjadi Pulau Rebutan
Entah keindahan, kekayaan, atau kelestarian alamnya yang menjadi rebutan kedua wilayah ini. Nyatanya memang ada banyak daya tarik yang terpancar dari Pulau Bongkil, meskipun terbilang pulau yang cukup kecil jika dibandingkan dengan pulau lainnya.

Pulau ini memang menjadi aset bagi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kekayaan bawah laut salah satunya adalah karang laut. Terdapat ratusan karang lautan yang memiliki potensi jika diperhatikan, dibudidaya dan diolah secara baik.

Selain itu potensi wisata pun cukup menjanjikan, banyak aspek yang mendukung wisatawan-wisatawan baik domestik ataupun macanegara untuk datang ke tempat ini. Memang katanya pulau ini seperti pulau tak berpenghuni, nelayan sekitar biasa menjadikan pulau ini hanya sebagai persinggahan saja disela waktu istirahat menjala ikan.

Suasana inilah yang banyak diburu para wisatawan, bak memiliki pulau pribadi yang jauh dari hiruk pikuk. Suasana dan sajian alam turut mendukung hasrat keinginan wisatawan untuk menikmati hasil alam.

Pada akhirnya pulau ini di legalkan kepada wilayah Sulawesi Utara atas dasar peraturan pemerintah dan UUD yang berlaku. Kementerian dalam negeri mengeluarkan surat bernomor 125.1/2144/PUM tanggal 8 Desember 2010 yang isinya menjelaskan bahwa Pulau Bongkil resmi menjadi bagian dari wilayah Sulawesi Utara.

Terlepas milik siapapun atau pulau apapun itu, tentu tanah dan lautan ini menjadi tanggung jawab kita sebagai pribumi supaya mengahargai lingkungan alam sekitar dengan tidak merusaknya. Kita hargai alam sekitar dan lestarikan keberadaannya dengan saling peduli satu sama lain untuk mengurus tumbuan dan hewan sekitar.

Suasana Alam Pulau Bongkil
Pulau Bongkil selain memiliki keindahan karang lautan juga memiliki kekayaan akan ikan-ikan di sekitar perairan. Tak ayal lagi bagi penduduk sekitar pulau, memancing ikan pelagis dan demersial menjadi salah satu mata pencaharian tetap penduduk sekitar.

Anda akan disuguhi riakan ikan yang bermacam-macam jenisnya, mulai dari ikan terkecil sekelas teri sampai ikan pelagis besar seperti tuna, ikan pedang, dan lain-lain. Belum termasuk wisata bawah lautnya, Anda akan benar-benar dipuaskan dengan Surga lautan ikan di Pulau Bongkil.

Pasir putih menjadi ciri khas pantai di Sulawesi Utara, nikmat dan sejuknya air kelapa akan menyegarkan tenggorokan Anda. Tidak hanya airnya saja pohon kelapa masih banyak berjajar di pulau ini sehingga keasrian alam sekitar pulau sungguh-sungguh terjaga.

Jarak tempuh untuk sampai kepulau ini memakan waktu sekitar satu setengah jam dari Ibu Kota Kabupaten Bolmut, Boroko. Anda jangan khawatir dulu, karena kendaraan yang digunakan untuk sampai ke Pulau Bongkil yaitu dengan menggunakan perahu motor.

So, selama perjalanan Anda tidak akan merasa jenuh dan panas, karena pemandangan panorama lautan akan memanjakan mata dan kamera Anda. Terik matahari takkan terasa menyengat karena cipratan air laut dan sensasi berkendara di atas perahu motor tengah menghipnotis Anda.

Beberapa Cerita Dibalik Nama Bongkil
Bongkil memiliki beberapa arti dan versi yang berbeda, ada yang mengatakan bahwa penamaan Bongkil diambil dari bahasa Atingola artinya “timbul”, “muncul” ada juga yang mengartikan sebagai “bangkit”.

Entah apa penjelasan gamblangnya di balik makna tersebut? mungkin Anda bisa sekaligus mencari tahu arti dari makna tersebut kepada penduduk sekitar ketika berwisata nanti.

Selain itu nama Bongkil ini memang menjadi sebuah bahasa atau sebutan tertentu bagi masyarakat Gorontalo yaitu sejenis tanaman umbi-umbian. Zaman dahulu pulau Bongkil memang dipenuhi oleh tumbuhan Bongkil itu sendiri, tetapi sekarang hanya tersisa beberapa saja.

Tumbuhan ini dapat digunakan, dan diolah sebagai makanan untuk bayi, hanya saja tumbuhan ini memiliki racun di getahnya. Agar racun tersebut luntur maka mereka harus mengolahnya lebih lama dan dipanaskan beberapa kali sehingga racun getahnya hilang.

Ternyata selain tumbuhan Bongkil, banyak tumbuhan, lain yang dapat dijumpai di pulau ini. Semisal tumbuhan jenis pandan-pandanan, Suren, Cemara laut, dan masih banyak lagi.

Ragam hewanpun turut serta menghuni pulau Bongkil seperti Burung Cekakak Sungai, Elang Laut, Burung Madu, Kadal Ekor Biru, dan lain-lain. Pulau ini seolah turut menghidupi kebutuhan penduduk sekitar dengan keberagaman ikan, tumbuhan, dan hewan-hewan pantai pun menjadi satu kesatuan mata rantai yang tak terputus.

Sarana Parasarana Untuk Wisatawan
Pemerintah sekitar memang sudah berencana untuk menjadikan Pulau Bongkil sebagai salah satu kawasan wisata unggulan di Boolang Mongondow Utara. Ada banyak penamabahan sarana yang sengaja dikucurkan pemerintah supaya wisatawan merasa nyaman dan dapat menikmati keindahan palau maupun sekitar pulau.

Di Pulau Bongkil wisatawan  bisa melakukan diving… dan bisa melihat Hiu Putih. Oleh karena itu Anda tidak akan menyesal jika berwisata ke pulau ini karena fasilitas yang Anda butuhkan sebagian besar sudah terpenuhi. Alat-alat untuk menyelam tentu disediakan di sekitar pulau dengan biaya sewa yang sudah ditentukan.

Anda akan menikmati suasana alam bawah laut yang tak kalah indah dengan suasana perairan di pulau-pulau Lombok ataupun Pantai Bali. Fasilitas mudah dan lengkap ditambah pemandangan dan hiasan ikan-ikan yang jarang anda temui tentu menjadi kesan trip anda selama di Pulau Bongkil.

Cintai kekayaan alam negeri kita dengan melestarikan dan menjaga kealamian lingkungan sekitar salah satunya memperhatikan kebersihan di lokasi. Selayaknya kita sebagai sesama makhluk tentu saling menjaga ekosistem tumbuhan dan makhluk sekitar sehingga tidak ada lagi hewan-hewan khususnya di lautan Indonesia yang terancam punah.

Penulis: Refly Hertanto Puasa
Diberdayakan oleh Blogger.