Header Ads

Menjelajahi Pesona Keindahan Wisata Indonesia di Mata Uang Rupiah

Pernahkah Anda menyadari, bahwa mata uang rupiah yang Anda genggam bisa menjadi sebuah inspirasi perjalanan Anda menjelajah keindahan Indonesia?

Wisata Budaya - Dikutip dari Skyscaner, pemandangan yang terdapat pada lembaran uang rupiah menunjukkan sejumlah keindahan Indonesia. Mulai dari Pulau Sumatera hingga Pulau Tidore. Lantas apa saja tempat-tempat tersebut? Berikut tempat terindah di Indonesia yang terdapat pada mata uang rupiah.

Candi Prambanan, Yogyakarta
Candi Prambanan merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Konon, di balik keindahan reliefnya tersimpan sebuah legenda kisah cinta masyarakat Jawa. Keindahan Candi Prambanan yang memiliki tinggi 47 meter ini pun pernah dimuat dalam pecahan uang Rp 10.000 pada tahun 1979.

Danau Kelimutu, Ende
Kecantikan Danau Kelimutu pernah diabadikan dalam uang rupiah pecahan Rp 5.000 pada tahun 1992. Danau ini terkenal karena menampilkan tiga warna. Sementara, perubahan warnanya tidak menentu, mulai dari hitungan jam hingga bulan.

Menariknya, wisatawan kerap menjadikan danau ini sebagai tempat berburu sunrise. Danau ini dinilai sebagai salah satu pemandangan terbaik di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Tidore dan Pulau Maitara
Keindahan pulau di timur Indonesia ini dapat Anda temui di mata uang rupiah, Rp 1.000. Untuk mencapai kedua pulau tersebut, Anda dapat memulai perjalanan dari kota Ternate.

Letaknya yang cukup terpencil membuat pantai-pantai di Pulau Maitara cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan sejenak. Pulau ini menyuguhkan pasir putih yang bebas dari sampah.

Pura Ulun Danu Bratan, Bali
Bagi wisatawan, pura yang gambarnya terdapat dalam pecahan uang Rp 50.000 ini sangatlah tidak asing lagi. Pura Ulun Danu Bratan, merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali.

Pasalnya, selain indah, tempat ini juga sangat mudah untuk dijangkau. Berada di Kabupaten Tabanan, di bagian tengah Pulau Bali, pura ini bersanding dengan kecantikan Danau Bratan.

Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa, Palembang
Di antara tempat-tempat yang terdapat dalam uang pecahan rupiah, Rumah Limas merupakan tempat yang paling jarang orang ketahui keberadaannya. Pasalnya, rumah tradisional Sumatera Selatan ini, semakin sulit ditemui dan memakan biaya yang cukup tinggi.

Namun, rumah limas asli yang terpampang dalam uang pecahan Rp 10.000 ini bisa Anda temukan di Museum Balaputera Dewa, Palembang. Anda biasa mempelajari setiap ukiran khas yang melambangkan simbol kerukunan dan keagungan dari rumah adat Sumatera Selatan ini.

Penulis: Diana Rafikasari
Diberdayakan oleh Blogger.