Header Ads

Inilah Tempat - Tempat Wisata Paling Populer di Manokwari Yang Wajib di Kunjungi

Wisata Alam - Manokwari adalah salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Dengan luas wilayah 1.556.94 kilometer persegi kawasan ini menjadi salah satu tempat bersejarah bagi orang-orang kristen.


Panorama alam Manokwari yang indah dengan pegunungan dan pantainya yang sangat menakjubkan menjadikan Tempat Wisata di Manokwari banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara sebagai tempat berlibur yang mengasyikan seperti menikmati alam bawah laut disekitar Teluk Doreri yang berisikan bangkai kapal. Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata bawah laut terbaik untuk jenis bangkai kapal di Indonesia.

Berikut Tempat Wisata Di Manokwari yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Kota Manokwari, Papua Barat, Indonesia.

Bawah Laut Teluk Doreri
Di Teluk Doreri terdapat tiga pulau kecil yang indah seperti Pulau Mansinan, Pulau Lemon dan Pulau Raimuti. Pulau-pulau ini memiliki koleksi terumbu karang yang unik dan indah. Di perkirakan ditempat ini terdapat lebih dari 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia II. Namun yang dapat dilihat dengan jelas ada sekitar 6 kapal seperti Pasir Putih Wreck, Sejenis kapal patroli Angkatan Laut dengan panjang antara 12-22 meter. Pillbox Wreck, sejenis kapal kargo komersial pembawa amunisi dengan panjang sekitar 9-16 meter, Cross Wreck sejenis kapal patroli, Mupi Wreck dan Shinwa Maru sejenis kapal kargo.

Pegunungan Arfak
Pegunungan Arfak meruapakan kawasan cagar alam yang dilindungi, Mengunjungi tempat ini Anda pasti akan benar-benar merasa puas. Karena di tempat ini Anda dapat menikmati panorama alam yang sejuk, indah dengan hutan, lembah, sungai dan 320 jenis burung, 110 jenis mamalia serta 323 jenis kupu-kupu berada di dalamnya. Perkampungan tradisioanal dan masyarakatnya yang masih seperti hidup di zaman batu akan membuat Anda betah berlama-lama untuk tinggal di kawasan ini.

Pantai Pasir Putih Yen Bebay
Objek Wisata Pantai Pasir Putih Yen Bebay ini terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Manokwari yang dapat Anda capai dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih dan lembut dengan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan sehingga Anda dapat melakukan aktivitas berenang, bersantai, berjemur matahari dengan rasa nyaman dan tenang.

Kawasan pantai ini juga memiliki pulau-pulau yang indah dengan suasana yang tenang dan damai. Masyarakat yang ramah, perkampungan tradisional serta hamparan terumbu karang yang sangat indah dan menakjubkan dengan jenis-jenis biota laut yang sangat beragam menjadikan kawasan Pantai Pasir Putih sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving.

Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy
Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy memiliki 147 spesies burung dan berbagai jenis flora dan fauna lainnya. Cagar alam seluas 142.173.94 kilometerpersegi memiliki luas 83.022 hektar ini terletak di sepanjang Jaziriah Wasior, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Dari cagar alam ini Anda juga dapat menikmati panorama alam Teluk Cendrawasih dan Teluk Wandamen yang sangat indah dan menakjubkan.

Hutan Wisata Gunung Meja
Dari kejauhan gunung ini terlihat seperti meja terletak sekitar 2 kilometer kota Manokwari. Tempat Wisata Di Manokwari ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat atau roda dua, Kawasan wisata ini sangat cocok buat olahraga hikking, piknik keluarga serta penelitian. Di Kawasan Hutan Gunung Meja juga telah dibangun Monumen Jepang yang merupakan monumen peringatan pendaratan tentara Jepang divisi 221 dan 222 di Manokwari pada saat Perang Dunia II. Selain itu dari tempat ini Anda juga dapat melihat pemandangan kota Manokwari yang indah dari kejauhan.

Pantai Bakaro
Pantai Bakaro yang terletak di pesisir utara Manokwari ini memiliki tradisi unik dalam pemanggilan ikan. Memanggil ikan biasa dilakukan oleh nelayan sekitar pantai untuk menarik perhatian para wisatawan. Biasanay mereka memanggil ikan-ikan dengan menggunakan pluit yang terbuat dari kulit kerang sambil membawa makanan sehingga dengan sendirinya ikan-ikan akan datang mendekat.

Karakter pantai yang berbatu juga memungkinkan para pengunjung dapat mendekati tengah pantai di saat air laut surut. Sehingga Anda dapat menyaksikan langsung dasar pantai yang jernih tempat ikan-ikan berkumpul.

Bendungan Prafi
Bendungan Prafi terletak di Distrik Prafi yang merupakan bendungan buatan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Perjalanan ke tempat ini dari kota Manokwari dapat ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan darat menuju ke arah selatan. Di sepanjang perjalanan Anda dapat menikmati keindahan alam berupa pegunungan dan lembah yang sangat indah.

Di Bendungan Prafi Anda dapat berenang menikmati segarnya air danau, berfoto dengan background alam pegunungan dan sungai yang indah dan sangat menakjubkan.

Pantai Maruni
Pantai Maruni terletak sekitar 20 kilometer dari kota Manokwari  menuju ke arah selatan dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Di pantai ini terhampar pasir kuarsa hitam yang bercampur dengan batuan kerikil. Di temapt ini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, berperahu atau memancing.

Pantai Amban
Pantai Amban terletak sekitar 4 kilometer dari kota Manokwari, Pantai dengan pasir berwarna hitam  serta deburan ombak yang menawan yang bersebelahan dengan Tanjung Batu dengan hantaman ombak yang cukup deras. Di pantai ini Anda dapat menyaksikan keindahan sunset di atas cakrawala. Sunset di pantai ini bagaikan lukisan alam yang sangat indah. Membuat Anda terpesona akan karya Sang Pencipta alam semesta.

Danau Anggi
Danau Anggi adalah danau nan indah alami seluas 2.000 hektar yang terletak di Kecamatan Anggi atau berjarak 30 menit dari kota Manokwari dengan menggunakan pesawat terbang jenis Cessna dan Twin Otter.Tempat Wisata Di Manokwari ini layak untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Manokwari.

Selain menikmati keindahan alam kota Manokawari yang sangat indah dan menakjubkan, Anda juga dapat membeli hasil-hasil kerajinan rakyat setempat sebagai oleh-oleh atau cinderamata untuk Anda bawa pulang seperti lukisan, ukiran dan anyaman dibanyak toko yang tersedia atau di Sanggar Kerajinan Rakyat di kota Manokwari.

Penulis: Rey Gina
Diberdayakan oleh Blogger.