Header Ads

Inilah Lokasi - Lokasi Wisata Unik Yang Wajib Dikunjungi Bila Berkunjung Ke Kota Solo

Wisata Unik - Berkunjung ke Kota Solo, Anda seolah memasuki sebuah kawasan wisata bersejarah, penuh peninggalan budaya yang kental serta kuliner yang khas. Nah, sebelum menginjakkan kaki ke Kota Solo, inilah tiga tempat wisata menarik dan unik untuk Anda ketahui.

Keraton Surakarta Hadiningrat
Inilah sebuah simbol dan cikal bakal Kota Surakarta atau dikenal dengan The Spirit of Java ini. Keraton Surakarta Hadiningrat, adalah sebuah tempat bersejarah yang wajib Anda kunjungi saat Anda bertandang ke kota Solo. Bagaimana tidak, keraton yang dibangun secara bertahap sejak tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II ini, merupakan sebuah tempat eksotis yang menyimpan banyak muatan sejarah.

Terletak tepat di pusat kota, tak jauh dengan beberapa landmark Kota Solo antara lain Balaikota, Pasar Gede, dan Pasar Klewer. Sungguh menakjubkan Keraton Surakarta ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Anda bisa melihat berbagai koleksi yang tersimpan di dalam istana ini berupa berbagai peninggalan raja-raja sebelumnya.

Bila Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan upacara adat seperti Sekaten pada malam Maulid Nabi serta arak kebo bule Kyai Slamet pada malam 1 suro di Keraton Surakarta. Inilah alasan Keraton Surakarta menjadi tempat wisata di Kota Solo yang diminati oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Anda bisa memilih beragam sarana transportasi untuk mencapai lokasi, terutama becak dan andong.

Pasar Triwindu
Tahukah Anda, di Kota Solo terdapat Pasar Triwindu yang berbeda dari kebanyakan pasar tradisional lainnya, yaitu khusus menjajakan barang-barang antik, yang berasal tidak hanya dari pulau Jawa ataupun luar Jawa, namun juga barang bawaan dari Eropa, Cina, India, dan negara Asia lainnya terutama peninggalan dari masa penjajahan.

Barang antik nan eksotis bisa Anda jumpai di pasar surga barang antik ini, dari keris kuno, patung, hingga lampu antik. Berbagai koleksi uang dan koin kuno, batik, wayang, hingga sepeda kuno bisa Anda jumpai juga di sini. Bahkan onderdil motor dan mobil yang langka dan tidak diproduksi lagi pun bisa Anda dapatkan. Ingat, Anda harus pandai menawar barang-barang antik ini dan bisa membedakan antara barang yang asli dan tiruan.

Lokasi Pasar Triwindu ini sangat strategis karena berada di tengah kota tak jauh dari Keprabon, tempat penjual makanan khas Solo banyak bertebaran di sekeliling lokasi. Anda juga akan nyaman berbelanja di pasar aset kota Solo nan bersih dan tertata apik ini. Pada akhirnya memang pasar ini menjadi tempat tujuan wisata belanja barang antik yang tak boleh Anda lewatkan.

Taman Balekambang
Anda merasa penat dan lelah? Sebuah tempat wisata untuk bersantai bisa Anda kunjungi. Taman Balekambang, merupakan sebuah taman kota seluas 9,8 Ha yang terletak di sebelah utara Stadion Manahan di Kota Solo.

Di taman ini Anda bisa bersantai duduk-duduk di dekat kolam ikan dan kolam renang. Di tengah kolam terdapat sebuah rumah peristirahatan yang nyaman dan dikelilingi kebun bunga yang indah. Anda juga bisa bermain air di kolam renang, atau sekadar makan-makan.

Beberapa ekor rusa jinak yang tak takut dengan pengunjung, terlihat berkeliaran bebas di taman yang asri dan luas ini. Dengan luas taman yang sangat lapang, dilengkapi kuda yang bisa Anda sewa berkeliling taman, akan menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat juga kafe yang dikelola oleh seniman muda Solo serta Gedung Kesenian Ketoprak Tradisional Balekambang.

Penulis: Majalah Swa
Diberdayakan oleh Blogger.