Header Ads

Inilah Lokasi - Lokasi Wisata Populer di Manado Yang Sering Dikunjungi Wisatawan Dunia

Pesona Indonesia - Siapa yang tidak mengenal kota Manado? Manado adalah adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara, yang terletak di ujung utara pulau Sulawesi. Manado berbatasan langsung dengan Filipina. Menariknya, Manado menempati urutan kedua sebagai kota yang penduduknya paling padat dan ramai di Sulawesi setelah Makassar. Perekonomian di Manado pun tumbuh sangat cepat, sehingga pembangunan di kota ini hampir sama dengan di Jawa.


Sejak dulu Manado sudah terkenal akan keindahan wisatanya yaitu pesona bawah laut Bunaken. Pasti tidak asing kan mendengar kata Laut Bunaken? Wisata Laut Bunaken memang sangat terkenal di mana-mana, destinasi wisata pertama yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Eits, tapi selain Taman Laut Bunaken, Manado menyimpan beberapa destinasi wisata yang tak kalah menariknya dan layak dikunjungi sebagai tempat berlibur bersama keluarga Anda.

Berikut ini tempat - tempat wisata populer di Manado yang wajib Anda kunjungi.

Taman Laut Bunaken, Manado
Inilah tempat wisata yang paling populer dan hits yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan manca maupun Indonesia sendiri. Pada tahun 2005 UNESCO menetapkan taman laut Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia. Hal ini tak mengherankan karena biota laut yang ada di sini luar biasa kaya.

Di tempat wisata ini Anda bisa menemukan beragam bentuk terumbu karang dan ikan dengan warna-warni yang cantik. Alam bawah laut di sini menjadi surga tersendiri bagi penggemar kegiatan menyelam, snorkling dan fotografi air.

Bagi Anda yang tidak bisa menyelam, Anda masih bisa menikmati keindahan tempat wisata menggunakan kapal yang desainnya dibuat khusus dari dinding kaca.

Taman Laut Tumbak, Manado
Selain Taman Laut Bunaken, adapula Taman Laut Tumbak yang tidak kalah indahnya. Di sini Anda bisa menikmati sedikitnya 20 spot menyelam. Jadi, bagi Anda yang hobi menyelam dan semacamnya, taman laut Tumbak cocok untuk Anda.

Taman Laut Tumbak ini terletak di kabupaten Minahasa Utara. Hanya saja tempat wisata ini lokasinya cenderung jauh dari Manado, yaitu menghabiskan sekitar 3 jam perjalanan.

Pulau Lembeh (Johanis Noya), Manado
Beralih ke pulau, ada Pulau Lembeh atau bisa juga disebut dengan Johanis Noya. Di pulau ini Anda akan menemui sekitar 88 spot tempat menyelam yang asyik dan keren.

Jadi, bagi  Anda yang hobi diving atau sejenisnya, tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Pulau ini teletak di kota Bitung, Sulawesi Utara, tidak begitu jauh dari kota  Manado.

Biaya masuk ke Pulau ini terhitung murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 8.000 saja. Namun jika Anda ingin berkeliling di tempat wisata keren ini, Anda bisa menyewa perahu dengan mengeluarkan biaya Rp 300.000.

Danau Tondano, Manado
Beralih dari pulau, ada Danau Tondano yang merupakan danau vulkanik di mana danau ini dihasilkan dari letusan gunung purba. Sama halnya danau Toba yang ada di Sumatera Utara, danau Tondano juga mempunyai pulai di tengah-tengahnya. Danau ini berada di dataran tinggi yang berjarak 600 meter di atas permukaan laut.

Danau Tondano ini memiliki luas 4.000 hektar dan diapit oleh Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

Arung Jeram Sawangan, Manado
Setelah bermain dengan laut, pulau dan danau, selanjutnya Anda bisa menjelajahi sungai yang ada di Manado. Di sungai ini Anda bisa bermain arung jeram untuk menaklukan arus dan bebatuan yang ada selama kurang lebih dua jam.

Anda akan melintasi sungai yang panjangnya mencapai 9 km. Perjalanan Anda akan dimulai dari Resort Park, desa Sawangan. Nanti selama Anda di perahu, akan ada hamparan pemandangan yang indah dan Anda akan dibuat terpesona dengan keindahan alamnya.

Jika Anda beruntung, ada monyet-monyet bergelantungan di atas pohon yang semakin membuat Anda nyaman di tempat ini. Untuk bisa menikmati olahraga ekstrim ini, Anda perlu mengeluarkan uang Rp. 180.000.

Arung Jeram Timbukar, Manado
Adapula permainan arung jeram yang berada di desa Timbukar, Manado. Di sini Anda bisa melatih seberapa besar adrenalin Anda dalam bermain arung jeram yang sangat menantang.  Selain itu, tidak jauh dari tempat arung jeram ini, Anda juga bisa mencoba olah raga panjat tebing di desa Kilo Tiga.

Air Terjun Kima Atas, Manado
Beralih dari sungai, tempat wisata di Manado lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah air terjun Kima Atas. Namanya saja Kima Atas, maka air terjun ini berada di kelurahan Kima Atas. Tepatnya sekitar 15 km dari pusat kota Manado.

Ada banyak pepohonan di sekitar air terjun yang membuat udara di tempat wisata ini sejuk. Menariknya, air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan aliran air. Airnya tidak begitu deras, jadi aman jika Anda ingin berenang.

Jika Anda tidak suka bermain air, Anda bisa menjelajahi tempat ini untuk berwisata kuliner. Ada banyak jajanan dijual di tempat wisata ini.

Air Terjun Ratahan Telu, Manado
Selain air terjun Kima Atas, ada juga satu lagi tempat wisata alam di Manado Air Terjun Ratahan Telu. Letak air terjun ini  agak masuk ke dalam hutan.

Lokasi Air Terjun Ratahan Telu ini terletak di desa Kali, kecamatan Pineleng. Jelasnya dari kota Manado menuju ke jalan raya Tomohon atau Danau Tondano.

Setelah menempuh jarak 8 km Anda akan menemukan gapura bertuliskan Makam Pahlawan Nasiona Tuanku Imam Bonjol. Memang air terjun Ratahan Telu ini searah dengan makam Tuanku Imam Bonjol, jadi anggap saja selain berwisata Anda juga bisa ziarah.

Pantai Malalayang, Manado
Nah, masih tentang air ya, satu lagi objek wisata di Manado yang tidak boleh Anda lewatkan, pantai Malalayang. Ya, pantai ini terletak  sekitar 4 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik.

Deburan ombak di pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasir pantai ini yang berwarna hitam. Anda bukan hanya bisa bermain air di tempat ini, ada jajanan kuliner khas Pantai Malalayang yang sayang untuk Anda lewatkan, yakni pisang goreng sambal dabu-dabu khas Manado.

Jembatan Soekarno, Manado
Setelah bermain-bermain dengan air, sekarang Anda bisa berkunjung ke tempat wisata yang bisa dikatakan baru di Manado. Ya, tempat wisata ini bernama Jembatan Sukarno.

Jembatan Sukarno diresmikan pada bulan Mei tahun 2015 lalu.

Di jembatan ini Anda bisa menggambil gambar dengan pemandangan yang sangat indah. Ada menara lilin di belakang jembatan yang semakin memperindah nuansa foto Anda. Apabila gambar diambil saat matahari sedang terbenam, pemandangan alamnya yang benar-benar mempesona akan semakin memperindah foto Anda.

Ya, itulah tempat - tempat wisata di Manado yang indah dan mempesona. Tempat-tempat wisata ini direkomendasikan untuk Anda yang sedang berwisata ke Manado.

Penulis: Sopiana Fifi Farla Supit
Diberdayakan oleh Blogger.