Header Ads

Inilah Lokasi - Lokasi Tujuan Wisata di Hari Imlek Yang Wajib Di Kunjungi Bersama Keluarga

Tahun baru imlek adalah sebuah perayaan penting yang dirayakan oleh orang Tionghoa. Malam pada tahun baru imlek dikenal dengan sebutan Chuxi yang memiliki arti malam pergantian tahun.

Wisata Religi - Khususnya bagi masyarakat Indonesia, imlek juga merupakan momen bagi kamu dan keluarga untuk berlibur bersama. Biasanya, hadirnya tahun baru imlek di Indonesia membuat masyarakat Indonesia mengadakan acara keluarga bersama seperti makan malam dan lain sebagainya.

Kini, banyak sekali destinasi-destinasi terbaik yang ada di dalam dan juga luar negri yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisatamu dan keluarga tercinta. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut pastinya akan menghilangkan kamu dari rasa jenuh dan lelah akibat aktifitas yang padat setiap harinya.

Destinasi Lokal

Kelenteng dan Pasar Petak Sembilan – Jakarta
Destinasi ini merupakan gedung-gedung yang memiliki dominasi warna merah dan juga dikelilingi dengan tembok. Pintu utama yang ada di selatan, berupa gapura dengan naga merah dan sebelah kiri gerbang terdapat tiga deretan tiga kelenteng tua.

Pasar Petak Sembilan ini berada di seberang pusat elektronik Glodok, Jakarta Barat dan kemeriahan menjelang datangnya tahun baru imlek selalu terlihat di lokasi tersebut yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Tionghoa. Di sana juga banyak menjual berbagai macam buah khas Imlek, seperti jeruk, buah plum, dan juga leci.

Kota Seribu Kelenteng, Singkawang – Kalimantan Barat
Di lokasi ini rutin menggelar acara secara besar-besaran. Ada lima rangkaian acara besar yang diadakan untuk menyambut tahun baru imlek, seperti lomba hias lampion, malam kesenian pada malam tahun baru imlek, pawai kendaraan hias, Cap Go Meh, dan malam tamah ramah.

Tidak hanya bagi orang Tionghoa, masyarakat lainnya pun juga turut berpartisispasi dalam memeriahkan setiap acara yang dilaksanakan di Singkawang.

Kelenteng Sampo Kong – Semarang
Destinasi ini adalah Gedung Batu Sam Po Kong yang memiliki arti petilasan, tempat ini bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama bagi Laksamana China yang bernama Cheng Ho atau dikenal Sam Po Tay Djien. Gedung ini bertempatkan di daerah Simongan, sebelah Barat daya kota Semarang.

Alasan mengapa disebut gedung batu dikarenakan bentuknya mirip dengan gua batu besar yang ada di kaki bukit batu dan memiliki patung-patung Sam Po Tay Djien. Di malam tahun baru imlek masyarakat bersamaan pergi ke Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong untuk bersembahayang dan juga menyaksikan aneka pertunjukan rakyat.

Destinasi Luar Negeri

Vietnam
Negara ini juga merupakan destinasi utama yang sering diserbu oleh wisatawan-wisatawan untuk merayakan tahun baru imlek.

Di negara ini etnis Tionghoa juga cukup dominan dan Vietnam memiliki destinasi wisata yang cukup bagus untuk merayakan tahun baru imlek. Di negara ini juga suka mengadakan acara-acara rakyat yang ditujukan untuk memperingati datangnya tahun baru imlek.

Hongkong
Tempat ini menjadi sangat popular untuk perayaan tahun baru imlek sejak beberapa tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan Hongkong dinobatkan sebagai penyelenggara pesta kembang api yang paling spektakuler, terindah, dan juga terbesar.

Hal ini membuat Hongkong dijadikan destinasi utama yang wajib dikunjungi pada malam tahun baru imlek.

China
Negara ini adalah negara yang menjadi destinasi utama bagi masyarakat Tionghoa. Destinasi yang sangat popular di negara ini dan menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan di saat tahun baru imlek adalah kota Beijing dan Guangzhou.

Hal ini dikarenakan kemeriahannya melebihi tahun baru biasanya, banyak sekali acara-acara rakyat dan juga pelepasan kembang api yang sangat meriah.

Terbukti bukan, banyak sekali destinasi-destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Liburanmu akan terasa lebih berkesan dengan mengunjungi destinasi-destinasi tersebut. Selamat mencobanya!

Penulis: Pritania Avira
Diberdayakan oleh Blogger.